Monday, May 22, 2017

Menteri Perindustrian Jamin Pasokan Gas untuk Industri Aman

March 27, 2010 by  
Filed under BBG

Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat menjamin pasokan gas untuk sektor industri dalam jangka pendek aman.

“Untuk jangka pendek, suplai gas sudah beres. Yang menjadi masalah adalah jangka menengah dan jangka panjang, karena di situ ada begitu banyak sektor industri, termasuk bagaimana merevitalisasi industri pupuk,” kata Hidayat, di Jakarta, Kamis (25/3).

Hidayat mengakui, pihaknya akan kembali melakukan pertemuan dengan Menko Perekonomian Hatta Radjasa pada pekan depan untuk membicarakan masalah pasokan gas industri.

“Pertemuan berikutnya minggu depan dengan Menteri Perekonomian khusus membicarakan suplai gas. Pokonya pasokan sampai Desember aman,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Gapmmi Adhi S Lukman menyatakan, investasi di industri makanan dan minuman (mamin) masih terkendala masalah energi terutama gas. Beberapa industri yang hendak melakukan ekspansi harus berpikir ulang terkait permasalahan gas yang ada.

“Sekarang ada kendala energi. beberapa industri mau ekspansi tapi kendala di gas kurang dan listrik. Kemarin beberapa industri sudah mengeluh. Industri bakery, snack dan biskuit. Mereka tetap lakukan ekspansi, tapi operasionalnya akan jalan kalau gas dan listrik terpenuhi.

Adhi menuturkan, apabila pasokan gas bisa terpenuhi, maka pertumbuhan industri mamin akan naik diatas 10%. Target pemerintah tahun ini pertumbuhan mamin tahun ini adalah sebesar 8%-10%.

“Jawaban pemerintah bahwa untuk yang sudah existing akan dipenuhi sesuai dengan rata-rata kuota sebelumnya. Untuk yang baru, masih dipelajari karena gasnya kurang. Kita bisa primadona dalam sektor industri. Itu asal ada kebutuhan gas terpenuhi,”imbuhnya.

Hidayat mengungkapkan, pihaknya akan mengupayakan agar pasokan gas bagi industri yang berlokasi di Jawa Barat. Di sana, gas untuk industri adlaah mencapai 329 mmscfd.

“Mereka mau dibatasi pakai surcharge. Tapi kalau ada potensial sektor yang mengajukan lokasinya di Jawa Barat, akan saya perjuangkan. Mungkin case by case untuk jangka pendek. Kalau untuk jangka menengah, kita akan mendapatkan suplai, tapi saya belum bisa beritahukan. Menko sudah bilang akan memperjuangkan untuk industri,”jelasnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.