Friday, July 21, 2017

Menteri ESDM: Pasokan Minyak Nasional Aman

March 1, 2011 by  
Filed under BBM, Featured

JAKARTA. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh menuturkan, kondisi paskan minyak nasioal masih aman dan Pemerintah masih terus mengamati jaminan pasokan minyak nasional beberapa pekan ke depan.

“Hingga saat ini posisinya masih aman dan akan terus kita cermati dengan melakukan rapat strategis setiap dua hari serta mengamati produksi harian nasional melalui Tim Percepatan Produksi Migas,” ujar Menteri ESDM, Senin (28/2/2011), menyikapi perkembangan harga minyak dunia akibat situasi politik di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.

Menteri menjelaskan, Pemerintah tidak bisa melihat posisi sesaat dalam menentukan langkah-langkah strategis selanjutnya, melainkan dengan mengamati rata-rata harga minyak selama 12 bulan.

“Meski harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP) pada minggu terakhir Februari 2011 telah mencapai US$ 111,36 per barel dan Brent US$ 112 per barel, namun rata-rata ICP dalam 12 bulan terakhir (dari awal Maret 2010 hingga akhir Februari 2011) masih berada pada US$ 83,45 per barel,” jelas Menteri.

Begitu pula yang terjadi pada tahun 2008, harga minyak pernah mencapai US$ 140 per barel. Namun rata-rata dalam setahun hanya sekitar US$ 115 per barel. ”Jadi tidak pernah rata-ratanya sampai tinggi sekali,” ujar Menteri.

Perlu diketahui juga, dari fundamental supply-demand saat ini, permintaan minyak masih dibawah supply-nya. Permintaan minyak dunia saat ini sekitar 88 juta barel per hari, lebih rendah dibanding pasokan minyak dunia yang mencapai 89 juta barel per hari, dimana cadangan komersial di negara OECD mencapai 57,5 hari, atau lebih tinggi dari 5 tahun lalu saat cadangan komersial hanya 54,6 hari.

Menteri menambahkan, meski harga minyak terus beranjak naik, negara-negara produsen besar seperti Arab Saudi tidak berdiam diri. Pada tanggal 24 Februari lalu, Arab Saudi telah menambah pasokan untuk menggantikan kosongnya pasokan minyak dari Libya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.