Friday, July 21, 2017

Menteri ESDM Hadiri Pertemuan Tingkat Menteri IEF ke 12 Meksiko

March 31, 2010 by  
Filed under BBM

Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh didampingi Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo dan sejumlah pejabat Kementerian ESDM, menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Energi Organisasi International Energy Forum (IEF) ke 12 di Cancun, Meksiko. Acara berlangsung tanggal 29-31 Maret 2010.

Bersamaan dengan acara Pertemuan IEF ke 12, akan dilaksanakan pula Pertemuan International Energy Business Forum (IEBF) ke 4.

IEF merupakan suatu forum kerja sama energi, baik negara maupun organisasi produsen dan konsumen energi dunia. Posisi IEF hingga saat ini adalah sebagai forum dialog antara negara-negara konsumen serta produsen maupun organisasi energi seperti OPEC dan IEA dan berkehendak untuk menjadi organisasi secara resmi dengan menyusun charter pendirian.

Tujuan dari pertemuan IEF adalah untuk meningkatkan kerjasama antara produsen dan konsumen energi, utamanya dalam rangka memperkuat dialog internasional dan mengurangi volatilitas di pasar minyak dunia.

Saat ini posisi Indonesia belum menjadi anggota, namun telah beberapa kali mengikuti pertemuan IEF karena posisi Indonesia pada saat itu masih sebagai anggota OPEC. Kehadiran delegasi Indonesia pada pertemuan IEF ke 12 ini adalah sebagai undangan yaitu sebagai Expanded High Level Steering Group karena turut hadir dalam Pertemuan SOM Pertama IEF sebagai persiapan PTM IEF ke 12 yang telah diselenggarakan di Riyadh, Arab Saudi, pada 6-7 Januari 2010 lalu.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.