Saturday, March 25, 2017

Medco perluas bisnis biofuel ke Papua

November 6, 2010 by  
Filed under Alternatif, Featured

Medco Holding berencana memperluas bisnis biofuel ke Papua dengan membangun pabrik ethanol berkapasitas produksi mencapai sekitar 40.000 barel per hari selama 10 tahun ke depan mulai 2015.

Presiden Direktur Medco Holding, sekaligus Presiden Komisaris PT Medco Energy Tbk. Hilmi Panigoro mengemukakan perseroan memang sedang fokus pada pengembangan biofuel, khususnya ethanol.

Saat ini, jelas dia, Medco sudah memiliki pabrik ethanol berskala besar di Lampung dan sudah beroperasi optimal selama setahun ini, sehingga mampu berproduksi 180.000 liter ethanol per hari. Namun, lanjut dia, seluruh produksi ethanol di Lampung hanya untuk tujuan ekspor.

“Hari ini, ethanol itu sudah jadi komoditas, jadi semuanya kita ekspor ke trader karena pasar besar untuk ethanol itu belum jalan di Indonesia. Ke depannya, akan kita alokasikan ke Papua dan target kita, 5 tahun lagi sudah berproduksi,” tutur dia, hari ini.

Menurut dia, rencana perluasan pabrik ethanol ke Papua itu mengingat kondisi lahan yang kian terbatas di Sumatra. “Kunci dari biofuel itu kan lahan yang rata dalam jumlah besar. Di Sumatra ini sudah tinggal sedikit, makanya kita alokasikan ke Papua.”

Untuk mendukung pengembangan ethanol di Papua, jelas dia, Medco sudah mulai melakukan uji coba untuk mengetahui jenis tanaman yang cocok di atas lahan seluas 200 hektare (ha).

Bila di Sumatra ethanol sebesar 1.200 bph itu bisa diperoleh dari singkong di atas lahan seluas 6.000 ha, lanjut dia, untuk di Papua nantinya akan digunakan tanaman jenis tebu.

Dia mengungkapkan untuk mencapai target produksi sekitar 40.000 bph ethanol hingga 2025 itu, direncanakan menggunakan lahan tanaman seluas 200.000 ha di daearah Papua Selatan.

“Kita sudah mendapatkan lokasi 65.000 ha di Papua Selatan. Yang jelas, kalau ini [pabrik ethanol] jadi, investasinya bisa miliaran dolar-lah. Tapi kan tidak ada deforestasi karena kita tidak ada buka hutan di Papua,” tutur Hilmi.

Menurut dia, untuk pengembangan bisnis di Papua, pihaknya akan bekerja sama dengan beberapa investor, salah satunya LG International. Dia menjelaskan LG International itu nantinya akan menggarap sektor hutan tanaman industri, yang merupakan satu dari tiga sektor yang di fokuskan Medco di Papua.

Sementara itu, dia menambahkan untuk sektor lainnya seperti bahan baku biofuel dan makanan, nantinya akan bekerja sama dengan pihak lain.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.