Friday, July 28, 2017

Medco olah emisi gas buang jadi elpiji

April 24, 2010 by  
Filed under BBG

PT Medco E&P Indonesia mengolah emisi gas buang mencapai 524.000 ton dari total 800.000 ton pada 2009 menjadi produk liquefied petroleum gas (LPG) untuk memasok kubutuhan PLN dan industri pupuk dalam negeri.

Presdir PT Medco E&P Indonesia Budi Basuki mengatakan aktivitas pengelolaan emisi sisa kegiatan eksplorasi minyak dan gas merupakan bagian dari program perusahaan dalam upaya seriusnya mencegah dan mengatasi masalah kerusakan lingkungan di Tanah Air.

“Usaha kami mengelola emisi hingga 524.000 ton itu juga sejalan dengan upaya kami yang sudah berhasil memasukkan kembali atau meng-inject seluruh air ke dalam tanah dari sisa kegiatan produksi sehingga tidak ada yang terbuang di permukaan,” katanya di Jakarta hari ini.

Gas sisa kegiatan eksplorasi minyak dan gas yang dibakar melalui flaring akan menghasilkan gas Co2 yang merupakan salah satu jenis gas rumah kaca yang dapat merusak lingkungan, demikian juga air sisa kegiatan eksplorasi yang dibuang begitu saja di permukaan tanah.

Budi mengatakan PT Medco E&P Indonesia secara bertahap akan berusaha terus meningkatkan jumlah emisi sisa eksplorasi yang diolah menjadi LPG agar jumlah gas buang yang dibakar percuma dan berkontribusi pada gas rumah kaca itu dapat terus dikurangi.

Selain itu, lanjutnya, perusahaan juga telah melaksanakan program penghijauan dengan tanaman pohon di lahan seluas dua kali lipat dari luas lahan yang dibuka untuk kegiatan eksplorasi minyak dan gas sehingga dapat meminimalisir dampanya terhadap kerusakan lingkungan.

“Jumlah pohon yang berhasil kami tanam selama periode 2006-2009 mencapai sebanyak 213.000 pohon di lahan seluas 490 hektare di daerah operasional kami. Adapun, untuk memperingati hari bumi kami juga menanam lebih dari 15.000 pohon bakau di Tarakan,” katanya.

Budi menjelaskan PT Medco E&P Indonesia mengalokasikan dana sedikitnya US$1,5 juta untuk kegiatan corporate social responsibility yang difokuskan pada kegiatan pelestarian lingkungan dan jumlah dana tersebut akan ditingkatkan hingga lebih dari US$5 juta saat terjadi bencana

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.