Sunday, September 24, 2017

Medco E & P tambah pasok gas ke PGN

April 2, 2010 by  
Filed under BBG

PT Medco E&P Indonesia akan menambah pasokan gas dari eks Kramasan, Blok South Sumatera Extention untuk PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dari 20 mmscfd menjadi 40 mmscfd pekan ini.

Dirut Medco E&P Budi Basuki mengatakan pasokan dari eks Kramasan sebelumnya hanya pada level 20 mmscfd. Namun, tuturnya, terkait dengan kebutuhan mendesak dari PGN yang digunakan untuk pasokan ke industri dan pembangkit listrik, Medco mengakselerasi level produksi gasnya.

“Saat ini, sebenarnya pasokannya sudah mencapai 30 mmscfd dan dalam dua pekan ke depan akan ditingkatkan menjadi sekitar 40 mmscfd,” jelasnya hari ini.

Menurut dia, dengan peningkatan produksi dari eks Kramasan itu total produksi telah mencapai 60 mmscfd. “Jadi 20 mmscfd tetap untuk pasokan ke pembangkit listrik PLN di Kramasan dan 40 mmscfd untuk PGN. Ini tidak luput dari masalah kebutuhan gas untuk industri di Jawa bagian Barat.”

Untuk tambahan produksi itu, katanya, PGN membeli gas seharga US$4,2 per juta Btu. Budi mengatakan dengan tambahan produksi tersebut, jumlah produksi gas kumulatif Medco E&P tahun ini akan mencapai 145 mmscfd.

Sebelumnya, diinformasikan Medco E&P merencanakan produksi dari Lapangan Singa, Blok Lematang sebanyak 35 mmscfd—50 mmscfd mulai April.

Budi mengatakan Medco E&P merencanakan kegiatan eksplorasi sebanyak 7 sumur tahun ini dan 5 sumur yang akan dibor di antaranya terdapat di Blok South Sumatera extention. “Satu lainnya di Bengara, Kalimantan Timur,” katanya.

Terkait dengan produksi, Budi mengatakan sejauh ini produksi Medco E&P mencapai lebih dari 30.000 bph. Angka tersebut, tuturnya, sudah berada di atas target yang ditetapkan oleh perusahaan sebagaimana diajukan ke BP Migas dalam work program and budget (WP&B).

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.