Wednesday, May 24, 2017

Masyarakat Diminta Perhatikan Kelayakan Tabung Gas

May 3, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Pemerintah mengingatkan masyarakat agar memperhatikan kelayakan tabung gas beserta perangkat lainnya yang digunakan menyusul hasil pendataan mengenai meningkatnya kasus ledakan tabung LPG akhir-akhir ini.

Demikian siaran pers Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang disampaikan di Jakarta, Minggu (2/5). Pernyataan itu merupakan hasil rapat koordinasi Kementerian ESDM, Kementerian Tenaga Kerja dan Transigrasi serta Puslabfor Mabes Polri, Pemda
DKI serta PT Pertamina pada 30 April 2010.

Rapat koordinasi itu membahas keselamatan penggunaan LPG di masyarakat. Semua instansi terkait (Kementerian ESDM, Kemenakertrans, Puslabfor Bareskrim Polri, PT Pertamina (Persero), Pemda DKI) mendukung program konversi minyak tanah ke LPG, yang sudah dimulai dari tahun 2007.

Hingga saat ini, pemerintah telah membagikan hampir 50 juta tabung, berupa tabung LPG 3 kg lengkap dengan aksesorisnya (yang memenuhi Standar Nasional Indonesia/SNI) beserta isinya. Instansi-Instansi terkait berkomitmen bersama untuk mendukung upaya yang akan dilakukan ke depan untuk mencegah terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh LPG.

Menurut Kementerian ESDM, ledakan gas LPG yang sering terjadi akhir-akhir ini di masyarakat –berdasarkan hasil investigasi oleh Puslabfor Bareskrim Polri, Kementerian ESDM dan Kemenakertrans–sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun awal program konversi minyak tanah ke LPG.

Dari data-data tersebut, diketahui bahwa pemeliharaan terhadap tabung maupun askesoris seperti kemungkinan bocornya selang, rubber seal dan gagalnya regulator perlu mendapat perhatian dari pengguna LPG dan perlunya peningkatan bimbingan serta pengawasan dari pemerintah.

Upaya-upaya yang akan dilakukan, antara lain, melakukan sosialisasi secara intensif dan lebih detail kepada masyarakat dalam bentuk animasi, brosur-brosur yang mudah dipahami oleh masyarakat awam tentang penanganan dan pemeliharaan yang aman terhadap tabung beserta aksesorisnya serta tindakan pencegahan yang perlu diambil apabila terjadi kebocoran LPG.

Pemerintah akan meningkatkan pengawasan mutu semua tabung dan aksesorisnya (selang, rubber seal dan regulator) sesuai SNI, termasuk meningkatkan pengawasan terhadap tabung dan aksesoris yang sudah beredar di pasaran. Untuk pengawasan selain oleh instansi terkait tersebut, KESDM dalam hal ini Ditjen Migas akan melibatkan BSN dan LSPro.

Polri akan meningkatkan pengawasan yang ketat terhadap prilaku-prilaku kriminal yang berpotensi merugikan masyarakat luas. Selain itu, juga akan diprogramkan untuk melakukan pengawasan di pabrik pembuat selang, rubber seal dan regulator untuk memastikan pemenuhan SNI.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.