Thursday, July 27, 2017

Masalah listrik hambat operasi kilang Tri Wahana

March 10, 2010 by  
Filed under BBM

Masalah gangguan listrik di fasilitas produksi awal EPF Banyu Urip diidentifikasi sebagai penyebab terhentinya kegiatan operasi kilang milik Tri Wahana Universal selama kurang lebih dua pekan.

Kepala Dinas Humas BP Migas Sulistya Hastuti Wahyu mengakui kilang TWU telah berhenti operasi sejak 22 Februari, sebelum akhirnya kembali beroperasi normal sejak kemarin.

Menurut dia, penyebab terjadinya gangguan pada kilang diidentifikasi berasal dari gangguan listrik pada EPF (early production facilities) Banyu Urip.

“Jadi bukan masalah di kilang TWU-nya tapi karena listrik di EPF mengalami gangguan, jadi berdampak pada operasi kilang sehingga harus dihentikan,” katanya kepada Bisnis.com hari ini.

Sulistya mengatakan sejak kemarin kilang tersebut telah beroperasi optimal dengan tingkat serapan antara 4.000 bph dan 5.000 bph sehingga mendongkrak produksi Banyu Urip mencapai rekor sebesar 19.000 bph dalam dua hari terakhir.

Sebelumnya, Haposan Napitupulu ketika masih menjabat sebagai Dirut Pertamina EP Cepu mengatakan TWU harus kembali shutdown untuk pemeliharaan.

Menurut Sulistya, produksi Blok Cepu diperkirakan akan bisa terus bertahan di posisi saat ini karena juga terkait dengan hambatan yang terjadi pada JOB Pertamina-PetroChina East Java.

Produksi JOB PPEP dari Sukowati berkurang sekitar 3.000 bph akibat penghentian produksi akibat kadar gas buang yang harus di-flare cukup tinggi.

“Ada tuntutan dari masyarakat supaya flare itu dihentikan. Karena flare dihentikan ya otomatis kegiatan produksi minyaknya turun,” katanya.

bisnis.com
Rudi Ariffianto

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.