Sunday, March 26, 2017

Malaysia Jajaki Pembangkit Tenaga Nuklir

May 10, 2010 by  
Filed under Featured, Nuclear Power

KUALA LUMPUR – Malaysia mempertimbangkan untuk mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir dalam waktu 15 tahun ke depan. Langkah ini diambil Malaysia untuk memperoleh tenaga dari sumber energi yang murah.

Selama ini Negeri Jiran tersebut memang menggunakan batu bara dan gas alam untuk menggerakan pembangkit listrik mereka. Pemerintah Malaysia berulangkali memperingatkan biaya kedua komoditas tersebut untuk menggerakan pembangkit mereka, diperkirakan akan jauh lebih mahal di masa depan.

Perdana Menteri Najib Razak yang menulis dalam blognya mengatakan, pemerintah saat ini masih terus mempelajari kemungkinan penggunaan energi nuklir, sebagai sumber energi listrik yang murah dan terjangkau.

“Jika menggunakan tenaga nuklir, 12-15 tahun bisa berlalu sebelum energi listrik diproduksi menggunakan reaktor kecil,” komentar Najib dalam blognya seperti dikutip Associated Press, Selasa (4/5/2010).

Menyusul rencana pemerintah ini Menteri Energi Malaysia Peter Chain langsung bergerak mencari lokasi yang tepat untuk pembangunan reaktor di Malaysia. Diperkirakan Malaysia akan meminta bantuan teknolohi kepada Korea Selatan, China, Prancis atau Jepang untuk mewujudkan rencananya.

Sementara seorang staf dari Kementerian Energi Malaysia mengaku, jika pemerintahnya hingga kini masih belum menentukan pilihan, guna meminta persetujuan dari Badan Pengawas Energi Atom Internasional (IAEA) untuk membangun reaktor

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.