Friday, July 21, 2017

Lifting Minyak Sudah Tembus 970.000 Bph

May 20, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Jakarta-Tambang. Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) mencatat jumlah lifting rata-rata minyak pada bulan Mei 2010 sudah berkisar 970 ribu barel per hari (bph). Angka ini sudah melampaui target APBN 2010 yang ditarget sebesar 965 ribu bph.

“Dengan pencapain ini, maka kita berkeyakinan target APBN yang sudah dipatok akan dapat tercapai, meskipun pada awal tahun relatif rendah,” kata Kepala BP Migas Raden Prioyono di Jakarta Rabu (19/5).

Dia menjelaskan, selama 2004-2009, penerimaan dari sektor migas selalu berada diatas target pemerintah. Sebagai contoh tahun 2009 lalu penerimaan dari sektor migas berhasil menyumbang pendapatan negera sebesar Rp19 triliun padahal ditarget hanya sebesar Rp18 triliun.

Keberhasilan mencapai prestasi tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan berbagai potensi yang ada. Apabila pemerintah hanya berdiam saja tanpa melakukan apa-apa dan mengandalkan pada produksi minyak hanya akan berada pada kisaran 400 ribu bph.
Berbagai tantangan sekarang masih berpotensi seperti dengan berlakunya UU No.26/2007 tentang penataan ruang, UU No.32 tentang Lingkungan Hidup, serta sejumlah regulasi lainnya. Oleh sebab BP Migas akan terus melakukan koordinasi dengan instansi lainnya agar keluarnya regulasi tersebut tidak menghambat produksi minyak nasional.

Dengan melakukan koordinasi yang baik dengan stakeholder lainnya diharapkan berbagai persoalan yang muncul berkaitan dengan perminyakan dapat ditekan dan investasi migas nasional dapat terus meningkat. Investasi migas sangat diperlukan, mengingat banyak sumur yang berproduksi sekarang kebanyakan adalah sumur-sumur tua, sehingga membutuhkan investasi baru untuk melakukan eksplorasi di sumur baru dan memaksimalkan sumur yang ada.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.