Friday, May 26, 2017

Libya Tertarik Berinvestasi di Migas

May 6, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh, Kamis (6/5/2010), di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, menerima kunjungan delegasi National Oil Corporation of Libya (NOC) yang dipimpin Dr Shokri Ghanem. Kunjungan delegasi itu bertujuan memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Libya, terutama di sektor minyak dan gas bumi.

Shokri Ghanem, dalam siaran pers usai pertemuan itu menyatakan, NOC Libya tertarik berinvestasi di Kilang Balongan dan Bojanegara yang sahamnya dimiliki PT Pertamina dan memasok minyak mentah untuk kedua kilang itu.

Keinginan NOC Libya itu disambut positif oleh pihak Kementerian ESDM RI karena Indonesia membutuhkan banyak investasi untuk membangun kilang-kilang baru agar impor bahan bakar dapat dikurangi.

Menurut Darwin, sektor energi di Indonesia berperan penting dalam membangun perekonomian nasional. Peran sektor energi ditunjukkan dari beberapa indikator yaitu sebagai sumber pendapatan negara, energi dan bahan baku domestik, penyerapan tenaga kerja serta efek berantai lain. “Khusus untuk migas, sektor ini menyumbang satu per lima dari total pendapatan negara,” kata dia.

“Sejauh ini, Pemerintah Indonesia telah menyediakan kebijakan fiskal sebagai bagian dari kebijakan investasi. Selain itu, kami juga telah mereformasi dan mengatur kembali kerangka regulasi bagi industri energi di Indonesia demi mewujudkan iklim investasi yang menguntungkan di sektor energi dan mineral,” katanya.

Kerja sama antara Kementerian ESDM dan NOC diwujudkan melalui nota kesepahaman kedua belah pihak pada 7 Februari 2008 di Tripoli. Area kerja sama itu mencakup antara lain eksplorasi di hulu, eksploitasi, pemanfaatan energi dan mineral. Kegiatan di hilir melalui partisipasi dan pengembangan proyek kilang, pelatihan, penelitian dan program pembangunan di bidang energi dan mineral, kerja sama antara institusi perminyakan dan pusat ilmiah.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.