Thursday, January 19, 2017

Lelang wilayah kerja panas bumi libatkan PLN

April 17, 2010 by  
Filed under Geothermal

Pengembang listrik panas bumi menyambut baik keputusan pemerintah yang melibatkan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dalam proses lelang wilayah kerja panas bumi (WKP).

Keputusan itu disepakati setelah rapat koordinasi yang difasilitasi oleh Direktur Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jacobus Purwono, bersama Direksi PLN, Asosiasi Panas bumi Indonesia (API) dan pemerintah daerah yang memiliki potensi panas bumi.

Ketua API Suryadharma mengungkapkan dengan keterlibatan PLN dalam proses lelang WKP, tentunya juga memberikan kepastian bahwa perseroan itu akan membeli listrik yang diproduksi pembangkit listrik panas bumi (PLTP).

“Sebenarnya siapapun yang ikut tender, tetap harus beli. Tetapi PLN kan mempersoalkan kewajiban beli itu karena mereka [PLN] sebelumnya tidak terlibat dalam panitia tender,” ujarnya hari ini.

Menurut dia, keterlibatan BUMN listrik tersebut dalam panitia lelang WKP juga memberikan transparansi pengembangan proyek panas bumi.

Bila sebelumnya persoalan harga jual listrik membuat pengembangan panas bumi menjadi tersendat, katanya, sudah terakomodasi dengan adanya ketentuan soal harga patokan tertinggi (HPT) sebesar US$0,097 per kWh.

“Sekarang juga sudah ada solusi lainnya, untuk PLN ikut serta dalam panita tender. Kalau PLN ikut semua proses tender, tentunya ada transparansi. Lagipula, supaya pengembang tidak perlu melakukan tender dua kali, yakni tender WKP dan listrik,” tutur Suryadharma.

Menanggapi keputusan soal keterlibatan PLN dalam proses lelang WKP, Direktur Bisnis dan Manajemen Risiko PLN Murtaqi Syamsuddin menilai keputusan untuk melibatkan perseroan itu dalam proses lelang merupakan hal yang logis.

“PLN akan menjadi off taker dari hasil tender itu, tentunya kami juga berkepentingan pada proses tender. Lagipula, harga [listrik] yang terbentuk diperoleh dari tender itu. Logis saja keputusan itu,” kata Murtaqi.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.