Tuesday, May 30, 2017

Lapangan Singa pasok gas 50 mmscfd

March 19, 2010 by  
Filed under BBG

Pemerintah untuk sementara baru mengandalkan pasokan gas dari lapangan Singa milik Medco EP  sebesar 50 mmscfd guna menutupi defisit gas nasional yang mencapai 300 mmscfd.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan pemerintah belum menemukan solusi final dari masalah defisit pasokan gas untuk PT Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk sebesar 300 mmscfd. Untuk sementara, pemerintah akan mengalokasikan gas dari lapangan Singa milik Medco EP  sebesar 50 juta mmscfd.

“Kami sedang melakukan penghitungan kemampuan pengiriman gas, distribusi dan manajemen, distribusi gas dari hulu ke hilir. Untuk PGN, sebagai solusi jangka pendek kita alokasikan gas dari lapangan Singa Lematang di Sumatera Selatan sebesar 50 mmscfd,” ujar dia usai rapat koordinasi terbatas, malam ini.

Dengan demikian, alokasi ini baru memenuhi sekitar 33,33% saja dari defisit 150 mmscfd pasokan gas PGN di Jawa Barat atau hanya sekitar seperenam dari defisit gas PGN secara nasional yang berkisar 300 mmscfd.

“Kami akan bahas lebih lanjut lagi besok. Termasuk masalah pengembangan infrastruktur dan solusi jangka panjang,” ujar Hatta.

Dalam rapat koordinasi malam ini, hadir Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menteri ESDM Darwin Z Saleh, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Selain itu, hadir juga Dirjen Migas Evita H Legowo, Wakil Kepala BP Migas Hardiono, Dirut PGN Hendi Priyo Santoso, dan Dirut Pertamina Karen Agustiawan. Namun, ketika dimintai keterangan, tidak ada yang bersedia menjawab dan menyerahkan sepenuhnya kepada Menko Perekonomian Hatta Rajasa untuk menjelaskannya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.