Monday, July 24, 2017

Laba bersih Sinopec naik dua kali lipat

March 29, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

China Petroleum & Chemical Corp (Sinopec), perusahaan penyulingan minyak terbesar di Asia, membukukan peningkatan keuntungan sebesar 61,8 miliar pada tahun lalu atau naik dua kali lipat dibandingkan dengan 2008.

SSE InfoNet Ltd, unit usaha Bursa Efek Shanghai, melaporkan laba bersih China Petroleum & Chemical Corp naik dari 28,5 miliar yuan selama 2008. Huang Wensheng, juru bicara China Petroleum di Beijing menolak mengomentari data ini.

Sinopec dijadwalkan mengumumkan laporan pendapatan melalui Bursa Efek Shanghai dan Hong Kong sebelum penutupan pasar, besok.

Sinopec aktif mencari akuisisi untuk memperluas usaha. Bulan lalu, perusahaan itu dengan Cnooc Ltd mempertahankan penawaran atas saham Devon Energy Corp di ladang minyak Azerbaijan dengan sejumlah peminat lain.

Sumber Bloomberg menyebutkan 5,6% saham proyek minyak Azeri-Chirag-Gunashli kemungkinan ditawarkan seharga US$3 miliar. Itochu Corp Jepang dan Inpex Corp kemungkinan juga mengajukan penawaran.

Itochu Corp dan Inpex Corp telah menjadi mitra usaha Devon dalam mengelola ladang minyak Azerbaijan. Devon merupakan produsen minyak dan gas alam independen terbesar di Amerika Serikat.

Devon mengumumkan rencana penjualan aset di Teluk Meksiko dan sejumlah aset di luar negeri untuk mengurangi pinjaman dan mendanai pengembangan tambang minyak senilai US$7,5 miliar pada November.

Pengumuman ini langsung memunculkan persaingan sejumlah perusahaan dari seluruh dunia, termasuk perusahaan dari China, guna mendapatkan sumber daya minyak sebelum harga minyak melonjak menyusul pemulihan ekonomi global.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.