Monday, July 24, 2017

Kurtubi: Anak SD Saja Tahu Impor Minyak Lewat Trader Lebih Mahal

May 9, 2012 by  
Filed under BBM, Featured

Jakarta – Permintaan Menteri BUMN Dahlan Iskan agar PT Pertamina (Persero) tak mengimpor minyak (BBM) dari trader atau perantara, menuai reaksi. Misalnya pengamat perminyakan Kurtubi sepakat dengah Dahlan.

Menurutnya secara logika akal sehat mengimpor minyak langsung dari negara produsen tentunya jauh lebih murah ketimbang melalui perantara. Kurtubi berharap Pertamina bisa mengubah pola impor mereka dari trader, langsung ke produsen. Ia pun tak habis pikir mengapa Pertamina hingga kini lebih banyak mengimpor dari trader ketimbang ke produsen.

“Tentunya ada pihak yang diuntungkan tapi di sisi lain negara dirugikan. Yang paling tepat menjawab adalah Pertamina, tapi anak SD saja tahu kalau beli barang dari perantara lebih mahal, yang namanya perantara pasti ambil untung,” kata Kurtubi kepada detikFinance, Rabu (9/5/2012)

Kurtubi menganggap para trader minyak tentunya mengambil untung besar sebagai perantara. Meskipun ia mengakui proses impor minyak yang dilakukan Pertamina melalui tender terbuka untuk mencari penawaran paling rendah, namun tetap saja tak efisien karena perusahaan pemenang tender umumnya adalah para trader yang mendapat minyak dari produsen.

“Mestinya Pertamina bisa beli langsung (ke produsen), seperti trader bisa beli dari produsen minyak, trader bisa kenapa Pertamina nggak bisa, seharusnya bisa dong,” ketus Kurtubi.

Sebelumnya Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta Pertamina tak membeli minyak dari pedagang. “Soal Pertamina, soal kemungkinan Pertamina mengimpor BBM dan minyak mentah dari sumbernya, tidak dari pedagang,” ujar Dahlan kemarin.

Menurut Dahlan, sebuah perusahaan besar sebaiknya membeli bahan baku langsung dari produsennya.

“Ya Pertamina kan perusahaan besar masak beli minyak dari pedagang, perusahaan besar sebaiknya membeli langsung dari sumbernya. saya suruh mempelajari karena kalau di swasta, perusahaan besar itu beli dari sumbernya,” ujarnya.
(hen/dnl)

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.