Saturday, October 21, 2017

Kurangi Emisi, Pemerintah Gulirkan Program Cekalang

December 12, 2010 by  
Filed under BBM

EnergiReducing Emission from Fosil Fuel Burning (REFF-Burn Program) merupakan program dan langkah pemerintah untuk mengurangi emisi dari pembakaran bahan bakar fosil. Bentuk dari  program  ini yaitu mengintegrasikan segala upaya dan teknologi untuk mengurangi emisi dari pembakaran bahan bakar fosil pada pra pembakaran, saat pembakaran, dan pasca pembakaran.

“REFF-Burn program saya sebut juga CEKALANG yaitu mencegah, menangkal dan menanggulangi”, seperti apa yang pernah diungkapkan Dirjen EBTKE Luluk Sumiarso pada sela-sela workshop International Workshop on Feed in Tariff for Solar Photovoltaics, Rabu (1/12) lalu.

Mencegah atau saat pre combustion, yaitu mencegah penggunaan fosil dengan menggunakan energi terbarukan dan energi efisiensi, karena dengan menggunakan renewable energy penggunaan energi fosil akan berkurang dan seumpa kita bisa efisien penggunaan energi fosil juga dapat ditekan.

Menangkal atau saat during combustion, pada saat energi fosil dibakar kita dapat menggunakan clean fosil technology kalau dibatubara ada clean coal technology, kalo diminyak ada clean oil technology. Berbagai Clean fosil technology memiliki berbagai macam jenis yang dapat kita manfaatkan untuk mengurangi emisi.

Menanggulangi atau saat post combustion, pasca pembakaran emisi yang dilepas dari pembakaran dapat kita tangkap dengan carbon capture storage (CCS). “REFF-Burn Program diharapkan dapat menangani keseluruhan program energi bersih” tegas Luluk Sumiarso.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.