Friday, January 20, 2017

KSPSI tolak kenaikan harga gas industri

March 26, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) mendatangani Kantor Kementerian ESDM, menolak kebijakan pemerintah tentang rencana kenaikan harga gas ke industri sebesar 60% oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk, mulai 1 April 2010.

Wakil Ketua Umum SPSI R Abdullah mengungkapkan aksi penolakan yang diwakili oleh ratusan pendemo dari Jakarta, Banten, Kerawang, Bekasi, Bandung, dan Cimahi itu bentuk kekecewaan atas tidak adanya respon dari Menteri ESDM dan BUMN terhadap kepentingan rakyat.

“Pada 17 Maret, kami sudah menyampaikan surat resmi kepada Menteri BUMN [Mustafa Abubakar] dan Menteri ESDM [Darwin Zahedy Saleh] yang isinya menolak secara tegas tentang pengurangan pasokan gas untuk sektor industri sekaligus rencana kenaikan harga gas 60%. Pemerintah memang tidak jadi memangkas pasokan gas, tetapi malah menaikkan harganya. Surat tuntutan kemarin juga belum ditanggapi sama sekali oleh pemerintah,” ujarnya, di depan Kementerian ESDM, hari ini.

Menurut dia, dari hasil pertemuan asosiasi industri dan PGN dihasilkan jika industri melebihi kontrak maka terkena biaya tambahan 300% dari harga normal. “Ini kebijakan yang tidak adil, tidak pro rakyat kalau harga naik maka yang jadi korban buruh.”

“Ini [tuntutan] bukan main-main karena dampaknya menyangkut hajat hidup buruh. Kalau kebijakan itu diberlakukan, ribuan buruh terancam PHK. Makanya keluarga besar SPSI menyatakan keberatan dan penolakan ini juga disampaikan kepada DPR yang ditembuskan kepada Presiden SBY, dan lainnya.”

Menurut dia, baik Menteri ESDM atau Menteri BUMN seharusnya sudah memberikan jawaban atau tanggapan pada 23 Maret soal surat resmi yang telah disampaikan pada 17 Maret 2010 tersebut.

“Kami sangat kecewa, tidak adanya respon terhadap kepentingan rakyat. Kami harapkan Menteri ESDM, hari ini juga bisa mengeluarkan jawaban terhadap surat yang telah disampaikan. Kami juga akan menyampaikan petisi tertulis yang ditandatangani oleh serikat dan LSM tentang penolakan itu,” tegas Abdullah.

Sangat disayangkan, para pendemo tidak berhasil bertemu langsung dengan Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh karena sedang tidak berada di tempat.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.