Sunday, October 22, 2017

Korupsi USD32 Juta, BP Migas Kekeuh Beda Perhitungan

April 16, 2010 by  
Filed under BBM

Kendati perkara korupsi yang ada di Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) telah masuk dalam tahap penyidikan, BP Migas tetap kekeuh menyatakan hal tersebut adalah perbedaan pendapat yang terjadi dalam perhitungan pembukuan.

“Ada cara pandang berbeda dari auditor (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan/ BPKP) dengan BP Migas,” kata Wakil Kepala BP Migas Hardiono disela workshop Financial Breaktrough untuk Pembiayaan kepada Penyedia Barang dan Jasa Dalam Negeri pada Kegiatan Usaha Hulu Migas, di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (15/4/2010).

Sebagaimana diketahui, BPKP menyebutkan ada dugaan terjadinya korupsi dengan nilai mencapai USD32 juta di BP Migas. BPKP pun telah menyerahkan masalah tersebut kepada Kejaksaan Agung (Kejagung).

Kasus tersebut terkait dengan pelaksanaan asuransi terhadap setiap peralatan di BP Migas, namun hal tersebut tidak direalisasikan.

“Panitia proyek memang BP Migas, tapi biaya itu dibebankan ke Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas. Itu yang diklarisikasi Kejagung ke BP Migas. Tapi saya tidak tahu bunyi laporan BPKP ke Kejagung seperti apa. Yang jelas dalam SK itu dibebankan ke KKKS. BPKP katanya menemukan ada pihak lain, tapi mereka tidak menyebut,” jelas dia.

Sekadar informasi, perkara ini sudah berubah status dari penyelidikan ke penyidikan. “Kita sudah menaikkan status dugaan korupsi BP Migas ke penyidikan, setelah kita menerima hasil audit dari BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan),” kata Direktur Penyidikan Jampidsus, Arminsyah.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.