Wednesday, January 18, 2017

Koordinasi Kasus Suap Innospec, KPK Kirim Tim ke Inggris

April 29, 2010 by  
Filed under BBM

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengirim tim ke Inggris untuk berkoordinasi dengan lembaga antikorupsi Inggris soal kasus dugaan suap Innospec ltd ke pejabat Pertamina. Tim penyidik terdiri dari 9 orang.

“Kita sudah bekerjasama dengan SFO (Serious Fraud Office) dan akan mengirim 9 orang ke sana,” kata Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (28/4/2010).

Menurut Bibit, tim akan diberangkatkan dalam waktu dekat. Tidak hanya itu, pemeriksaan terhadap pihak-pihak terkait juga sudah dilakukan.

“Tapi saya lupa siapa saja yang sudah diperiksa,” tutupnya.

Sebelumnya BPK mengajak KPK menguak kasus penyuapan pejabat migas Indonesia oleh Innospec Ltd. Perusahaan energi asal Inggris itu terbukti menyuap sejumlah mantan pejabat migas Indonesia untuk memperlancar penundaan penerapan bensin bebas timbal di Indonesia.

Pengadilan Inggris telah menjatuhkan sanksi denda hingga US$ 12,7 juta karena produsen zat tambahan bahan bakar TEL itu terbukti menyuap sejumlah pejabat migas Indonesia hingga US$ 8 juta. Suap itu diberikan agar Indonesia menunda penerapan bensin bebas timbal yang mestinya sudah dilakukan sejak tahun 1999.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.