Tuesday, May 23, 2017

Pemerintah tetap komit konversi minyak ke elpiji

July 4, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Pemerintah tetap berkomitmen menyukseskan program konversi minyak tanah ke elpiji, melalui pendampingan dan pengawasan kepada masyarakat yang ikut menggunakan program tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh mengatakan pihaknya dan kementerian lain akan bekerja sama, sehingga pelaksanaan program koversi yang telah digelontorkan sejak 2007 itu tidak berdampak kepada kecelakaan.

“Itu [konversi] akan kita dukung terus. Menteri ESDM bersama menteri-menteri lain bahu-membahu, jadi kita harus menghindari kata-kata saling melempar tanggung jawab untuk mensukseskannya. Setelah sekian lama berjalan, Kementerian ESDM bersama kementerian lain sudah berhasil membuat konsepsi. Ini waktunya untuk menemani masyarakat yang telah mensukseskan konversi ini, bagaimana supaya aman,” katanya hari ini.

Menurut dia, selama ini masyarakat telah memberikan dukungan penuh untuk mensukseskan program konversi energi tersebut, sehingga paket elpiji yang telah didistribusikan mencapai 44 juta.

Dengan program konversi tersebut, dia melanjutkan pemerintah juga berhasil menghemat subsidi energi hampir Rp17 triliun.

“Jadi saya kira, kita sudahi [anggapan] bahwa kecelakaan elpiji 3 kg terjadi karena masyarakat tidak hati-hati. Rakyat kita itu banyak yang masih terbatas pengetahuannya dan cenderung tidak hati-hati. Kita yang harus menjelaskan bagaimana tata cara penggunaan elpiji yang aman.”

Dia mencontohkan sebelum program konversi elpiji dimulai, masyarakat banyak yang memiliki rumah tanpa ventilasi.

Untuk itu, tuturnya, peran pemerintah yang seharusnya memberikan penerangan dan sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui media televisi dengan menggunakan animasi atau teks berjalan (running text).

“Artinya, perlu ada yang kembali ke masyarakat berupa penerangan ke mereka dengan cara yang aman, misalnya, jangan mengganti dengan selang air karena [selang tabung] bocor. Itu berbahaya bagi keselamatan jiwa.”

Terkait dengan rencana penarikan tabung dan komponen elpiji 3 Kg yang tidak layak pakai, Darwin mengungkapkan pemerintah secepatnya akan melakukan tindakan agar bahaya yang mengancam tersebut, yang paling banyak disebabkan oleh selang, bisa cepat dihentikan.

Kemudian, soal rencana penggantian, menurut dia, tentunya akan dikoordinasikan oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), kendati secara internal telah dilakukan pembahasan bersama tim teknis ESDM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Bareskrim yang dipimpin oleh tim teknis Menkokesra.

Menanggapi usulan Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk memperbaiki desain pada kompor dan tabung gas elpiji 3 kg, Darwin memberikan menyambut baik usulan tersebut untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

“Namun, yang jelas, supaya bahaya [elpiji 3 Kg] bisa cepat diatasi, crash program yang penting itu dengan cara menarik selang-selang yang bermasalah,” tutur Darwin.

Di tempat terpisah, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) mengingatkan masyarakat yang menerima paket elpiji 3 Kg untuk lebih memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan dalam penggunaannya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.