Friday, March 24, 2017

Kontrak Grissik Conoco dan Chevron diteken besok

May 31, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

ConocoPhilips dan Chevron Pacific Indonesia dijadwalkan menandatangani kontrak jual beli gas untuk pasokan gas dari Lapangan Grissik milik ConocoPhilips ke Lapangan minyak Duri besok.

Sumber Bisnis yang mengetahui tentang rencana itu menyebutkan ConocoPhilips dan CPI telah mencapai kesepakatan final mengenai kontrak volume dan harga gas yang akan dipasok untuk Lapangan Duri. Kesepakatan tersebut, katanya, akan ditandatangani dalam bentuk gas sales agreement atau GSA antara kedua perusahaan pada Senin.

“ConocoPhilips dan CPI akan teken GSA besok [Senin] di kantor ConocoPhilips. Penandatanganan GSA itu bersamaan dengan perjanjian jual beli gas [PJBG] lainnya,” katanya hari ini.

Dia menuturkan kesepakatan tersebut meleset dari rencana awal yaitu pada 18 Mei, ketika acara pembukaan Indonesia Petroleum Association (IPA). Molornya penandatanganan kontrak tersebut, ungkapnya, lebih disebabkan oleh alotnya perundingan yang terjadi.

“Waktu itu meleset tidak jadi ditandatangni pada IPA. Memang alot sekali negosiasinya,” jelasnya.

Ketika dihubungi, pejabat ConocoPhilips yang enggan disebut namanya membenarkan rencana itu. Hanya saja, dia menolak memberikan detail informasi terkait penandatanganan GSA tersebut. “Tunggu besok saja pas penandatanganannya di kantor,” ujarnya.

Sebelumnya, diinformasikan Chevron Pacific Indonesia dan ConocoPhilips telah mencapai kesepakatan jual beli gas dengan volume 400 MMscfd atau lebih tinggi dari kontrak awal 322 juta Bbtu, serta biaya tollfee sebesar US$0,47 per juta Btu. Dengan adanya kesepakatan itu, pemerintah sudah benar-benar bisa menjadikan minyak Duri sebanyak 50.000 bph yang semula di-swap dengan gas ConocoPhilips menjadi lifting minyak.

Pemerintah akan mendapatkan keuntungan tambahan sekitar US$200 juta per tahun, menyusul adanya perbedaan harga minyak dan gas setara barel minyak yang diperjual belikan. Keuntungan itu terjadi dengan memperhitungkan bahwa berdasarkan formula dan biaya-biaya tambahan lainnya, harga gas ConocoPhilips masih sekitar 70%–75% terhadap harga minyak mentah CPI.

Sementara itu, terkait dengan besaran biaya sewa pipa Grissik-Duri yang juga termasuk dalam perjanjian jual beli itu, berdasarkan kesepakatan antarbisnis (business to business) besarnya US$0,47 per juta Btu yang akan berlaku sementara. Hanya saja, kesepakatan itu juga baru akan aktif apabila sudah ada persetujuan dari Badan Pengatur Hilir Migas.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.