Friday, January 20, 2017

Volume kontrak gas Singapura dalam negosiasi

July 4, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Pemerintah tetap berupaya melakukan renegosiasi volume kontrak gas ke Singapura, termasuk melalui pendekatan antar institusi pemerintah.

Wakil Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) Hardiono mengungkapkan hingga kini pemerintah memang belum melakukan renegosiasi volume kontrak gas dengan Singapura.

Pasalnya, pemerintah tengah menyiapkan segala sesuatunya, terutama dari aspek legal sehingga memiliki kekuatan dalam proses renegosiasi tersebut.

“Meskipun celah untuk melakukan renegosiasi volume gas ke Singapura sangat sulit, pemerintah akan tetap berupaya. Kajian legal kita mengatakan sulit mencari celah mengurangi volume walaupun ada cara melalui G2G. Tetapi kita akan bicara, mungkin tidak perlu harus G2G, kan dia [Singapura] akan mempertimbangkan kalau di dalam negeri kita juga kesulitan,” ujar dia di Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hari ini.

Menurut dia, pada dasarnya dari sisi harga ekspor gas ke Singapura dinilai sudah sangat bagus, yakni US$12,93 per MMBtu. Sementara itu, kontrak ekspor gas ke Singapura diketahui berlangsung selama 20 tahun dari 2003 dan akan berakhir pada 2023.

Jumlah volume gas per hari (dialy quantity/DQ) yang diekspor ke Singapura dari Blok Koridor mencapai 225 MMscfd, sedangkan volume gas maksimum yang dialirkan melalui pipa per hari (maximum daily quantity/MDQ) hanya sekitar 80% dari DQ.

Dia mengungkapkan, sebetulnya Singapura pernah mengajukan Indonesia ke arbitrase pada awal tahun ini dengan tudingan jumlah volume gas maksimum yang dialirkan melalui pipa per hari (maximum daily quantity/MDQ) tidak terpenuhi karena kesalahan yang disengaja.

Namun, pada akhirnya Singapura tidak bisa membuktikan bahwa Indonesia telah melakukan willful misconduct.

“Waktu Maret lalu itu diajukan, artinya awal tahun ini juga, tetapi tidak bisa dibuktikan bahwa kita melakukan willful misconduct karena memang kondisi alam dan kondisi peralatan.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.