Thursday, January 19, 2017

Kontrak 4 KKKS terancam diputus

August 3, 2010 by  
Filed under BBM

Jumlah kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang terancam diputus kontraknya menciut hingga hanya 4 KKKS dari daftar semula yang mencapai 9 KKKS menyusul telah adanya komitmen sejumlah kontraktor untuk melaksanakan program sesuai kontrak.
Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi pada mulanya BP Migas siap merekomendasikan sembilan KKKS untuk diputus kontraknya kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral c.q. Ditjen Migas.
Namun, tuturnya, jumlah KKKS yang benar-benar akan diputus diperkirakan hanya akan berjumlah dua hingga empat KKKS. “Kelihatannya tinggal dua sampai dengan empat KKKS saja yang tidak tertolong [dari pemutusan kontrak],” katanya kepada Bisnis, akhir pekan.
Menurut dia, berdasarkan hasil evaluasi BP Migas beberapa kontraktor sudah berupaya keras dan berhasil memperbaiki kinerja. “Kami lihat yang lain sudah berupaya keras memperbaiki kinerja dan komitmennya.”
Priyono tidak menyebutkan perbaikan seperti apa yang sudah dilakukan dan sampai batas waktu kapan KKKS tersebut diberikan kesempatan untuk perbaikan kinerja. Dia juga tidak menyebutkan nama-nama kontraktor yang bakal mengalami pemutusan kontrak.
Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo mengatakan pemerintah akan melihat kontrak dan aturannya secara menyeluruh, mulai dari UU sampai dengan Permen ESDM yang mengatur mengenai KKKS migas. Pemerintah, tuturnya, akan berhati-hati dalam membuat keputusan itu untuk menghindari masalah hukum. “Kami tidak bisa memutuskan secara gegabah karena bisa-bisa kami akan dituntut. Menteri ESDM yang akan memutuskan.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.