Saturday, October 21, 2017

Konsumsi Premium Motor Capai 5,76 Juta KL per Tahun

May 26, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Jakarta – Rencana pemerintah untuk melarang sepeda motor menggunakan BBM bersubsidi banyak ditentang. Karena motor hanya mengkonsumsi premium sebanyak 5,76 juta kiloliter (KL) per tahun, atau 27% dari kuota premium subsidi yang sebanyak 21 juta KL, sisanya ditelan habis oleh mobil.

Demikian disampaikan oleh Direktur eksekutif reforminer institute, Pri Agung Rakhmanto saat dihubungi detikFinance, Rabu (26/5/2010).

“Kebijakan yang makin tidak jelas konsepnya,” tegasnya.

Pri Agung mengatakan, konsumsi premium sepeda motor besarannya sekitar 5,76 juta KL per tahun atau hanya 27% dari kuota premium subsidi yang jumlahnya 21 juta KL per tahun. Sisanya sebanyak 73% dikonsumsi oleh mobil.

“Artinya kalau mau mengontrol konsumsi premium yang lebih signifikan itu di mobil, bukan motor. Jadi dibatalkan saja rencana yang tidak jelas konsepnya ini,” cetus Pri Agung.

Di tempat terpisah, Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan menyatakan pihaknya tidak berwenang mengomentari hal itu. Menurutnya, jika kebijakan ini benar diterapkan maka sebagai pelaksana, BUMN migas itu siap melaksanakannya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.