Saturday, March 25, 2017

Konsumsi minyak diduga naik tahun ini

May 10, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Para menteri perminyakan dari Arab Saudi dan Aljazair memprediksikan permintaan minyak mentah akan naik tahun ini, tidak terpengaruh oleh krisis utang Yunani yang berpeluang menyebar ke negara Eropa lainya dan memperlambat pertumbuhan ekonomi.

Sekjen OPEC Abdalla Salem El-Badri mengatakan negara anggota OPEC semestinya tunduk pada level produksi minyak yang telah disepakati bersama pada 2008, seiring dengan kenaikan permintaan minyak.

“Permintaan akan minyak sangat bagus, dan akan naik tahun ini,” ujar Menteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Naimi kepada Bloomberg di Doha, kemarin. Sementara itu, Menteri Perminyakan Aljazair Chakib Khelil menyatakan konsumsi akan tumbuh di China, India dan Timur Tengah karena negara-negara tersebut tidak terkena dampak krisis Yunani.

Dalam pertemuan para menteri sejumlah negara Arab produsen minyak di Doha menunjukkan tidak ada sinyal untuk menaikkan atau menurunkan target produksi OPEC dari level sekarang, bahkan ketika harga minyak turun 13% pekan lalu, penurunan terdalam sejak Desember 2008. Penurunan harga minyak mentah disebabkan cadangan bensin di AS melebihi level musiman normal dan Eropa tengah berjuang dengan krisis utang Yunani yang mengancam memperlambat pemulihan ekonomi dan permintaan terhadap bahan bakar.

Pertemuan negara anggota OPEC itu, yang melibatkan tujuh dari total 12 negara anggota OPEC, akan berakhir pada 12 Mei. “Kami optimistis Yunani akan segera dapat mengatasi krisis yang mereka hadapi dengan bantuan dari Uni Eropa. Bersamaan dengan hal itu, kita semestinya melihat harga minyak akan kembali ke level US$80 dan US$85 per barel,” ujar Khelil, kemarin.

OPEC pada Maret lalu sepakat untuk mempertahankan kuota produksi minyak untuk kelima kalinya. OPEC memangkas kuota produksinya pada pertemuan Desember 2008 setelah permintaan energi turun selama terjadinya resesi terburuk pascaPerang Dunia II. Harga minyak mentah merosot dari rekor harga US$147 per barel pada Juli 2008 menjadi US$32 pada Desember. Negara anggota baru-baru ini melebihi alokasi produksi sekitar 2 juta barel per hari.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.