Saturday, March 25, 2017

Konsumsi Gas Domestik Capai 50,3 Persen Produksi Nasional

October 17, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

JAKARTA. Dari 100 persen produksi gas nasional, konsumsi gas untuk kebutuhan domestik mencapai 50,3 persen dan sisanya sebanyak 49,7 persen dialokasikan untuk kebutuhan ekspor, namun jika berdasarkan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) konsumsi gas domestik sudah mencapai 65 persen lebih, demikian diungkapkan Menteri ESDM dalam acara Penandatanganan Head of Agreement (HoA) jual beli LNG, Selasa (12/10).

Ditambahkan Menteri ESDM, PT PLN (Persero) merupakan konsumen gas terbesar dengan prosentase mencapai 11 persen disusul kemudian dengan kebutuhan untuk pupuk sekitar 7,8 persen.

Konsumsi gas bumi domestik terus meningkat setiap tahunnya, terutama di sektor Industri dalam rangka menekan biaya produksi dan meningkatkan efisiensi mesin sehingga dapat bersaing dengan produk negara-negara lain. Alasan lain pengalihan bahan bakar ke gas yaitu, harga sangat kompetitif dan relatif stabil serta lebih ramah lingkungan.

Dalam 5 tahun terakhir, total konsumsi gas terus meningkat. Pada tahun 2005, konsumsi gas mencapai 3.541 MMSCFD, setahun kemudian meningkat menjadi 3.716,1 MMSCFD dan 2009 tercatat 4.233,7 MMSCFD. Peningkatan konsumsi gas, terutama terjadi pada sektor pupuk, listrik dan industri lain.

Kebijakan pengelolaan gas nasional adalah pemanfaatan gas bumi diprioritaskan untuk kebutuhan dalam negeri dengan mempertimbangkan ketersediaan infrastruktur, besarnya cadangan dan keekonomian dengan urutan prioritas.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.