Saturday, July 22, 2017

Kombinasi 70%:30% di Donggi-Senoro bisa berubah

May 19, 2010 by  
Filed under BBG

Kombinasi alokasi pasokan gas Donggi-Senoro bisa berubah dari rencana semula 70%:30% kendati kementerian terkait telah mengeluarkan rekomendasi kombinasi tersebut menyusul adanya rekomendasi dari LAPI Institut Teknologi Bandung.

Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengatakan Kementerian ESDM sebenarnya sudah menuntaskan kajian dan rekomendasinya kepada Wakil Presiden Boediono terkait dengan proyek gas alam cair Donggi-Senoro.

Hanya saja, tuturnya, penuntasan kajian dari kementerian teknis tidak berarti rekomendasi yang diberikan tidak bisa ditinjau kembali.

“Selesai bukan berarti kami bergeming dan kami bisa meninjaunya. Apakah tetap seperti yang Anda dengar selama ini 70%:30%. Itu masih bisa berubah,” kata Darwin hari ini.

Darwin mengatakan sejauh ini pemerintah masih konsisten untuk mengoptimalkan alokasi gas untuk domestik. Hal itu, katanya, seiring dengan perubahan paradigma pemerintah terkait migas, dari semula untuk tujuan penerimaan menjadi tujuan peningkatan pertumbuhan ekonomi.

“Sebagai konsekuensinya gas mungkin akan banyak dipasok untuk pembangkit, pupuk, dan industri dalam negeri,” katanya.

Namun, tuturnya, dalam pengalokasian tersebut pemerintah juga mempertimbangkan mengenai keekonomian proyek. Selain itu, ketersediaan infrastruktur gas dalam negeri juga sejauh ini menjadi hambatan.

“Karena perlu investasi besar, keekonomian patut dipertimbangkan. Kalau sebanyak-banyaknya untuk domestik juga terkendala infrastruktur. 3 penerima LNG pertama di Indonesia paling cepat baru masuk pada akhir 2011. Kita juga perlu menggenjot lebih cepat lagi pembangunan pipa transmisi dan distribusi,” katanya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.