Thursday, January 19, 2017

Kilang Cilacap ‘Dirawat’ Medio 2010, Impor BBM akan Ditambah

May 26, 2010 by  
Filed under BBM

Jakarta – PT Pertamina (Persero) berencana untuk melakukan pemeliharan rutin (turn around/TA) kilang  2 Cilacap pada pertengahan tahun ini. Impor BBM BUMN migas itu kemungkinan bertambah.

“Memang pada pertengahan tahun ini, kilang Cilacap akan turn around, tapi saya belum bisa pastikan kapan waktunya,” ujar Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (26/5/2010).

Sementara itu,  Vice  Presiden Communication Pertamina, Basuki Trikora Putra menyatakan jadwal pemeliharaan rutin untuk kilang 2 Cilacap tersebut memang sudah masuk dalam rencana perseroan.

Untuk itu, ia memastikan pasokan BBM di dalam negeri terutama di pulau Jawa tidak terganggu meskipun kilang ini akan dimatikan sementara karena perseroan sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipatif termasuk kemungkinan menambah impor BBM.

“Iya itu memungkinkan (tambahan impor), untuk memperkuat pasokan BBM sementara kilang 2 Cilacap tersebut turn around. Tapi tidak semuanya diimpor, karena  beberapa bulan sebelumnya kami kan sudah punya stok BBM,” jelas Basuki kepada detikFinance.

Kapasitas total kilang Cilacap sendiri mencapai 350.000 barel per hari. Sekitar 60% produknya adalah BBM seperti premium dan minyak tanah. Dan sisanya adalah aspal dan bahan baku oli berbasis minyak. Kilang 2 cilacap merupakan salah satu unit kilang yang ada di sana.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.