Tuesday, July 25, 2017

Kepentingan nasional tetap jadi patokan soal Donggi-Senoro

May 12, 2010 by  
Filed under BBG

Pemerintah menegaskan kepentingan gas nasional secara utuh sebagai pertimbangan sebelum memutuskan kelangsungan proyek Donggi-Senoro.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh mengatakan keputusan proyek Donggi-Senoro akan menggunakan pertimbangan logis dengan memperhatikan data ekonomi keseimbangan antara kebutuhan dan pasokan gas yang tersedia.

“Jadi tetap sesuai dengan kesepakatan awal, proyek Donggi-Senoro tetap diputuskan oleh Wapres Boediono. Soal proyek itu tidak diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,” ujarnya hari ini.

Namun, lanjutnya,  sampai saat ini belum ada jadwal yang pasti kapan keputusannya dibuat. “Kita harus melihat kepentingan gas nasional secara utuh, terutama menyangkut kebutuhan gas nasional secara paling pokok.

Menurut dia, Kementerian ESDM sudah melaporkan rekomendasi kebutuhan gas nasional tersebut kepada Wapres. “ESDM sudah melaporkan rekomendasinya. Itu perannya. Apa yang diputuskan tidak mungkin ada tanpa ESDM dan timnya terus mengolah itu, dan itu sudah selesai. Di situ perannya.”

Darwin menepis keputusan Donggi-Senoro yang tidak segera diambil karena pemerintah mempertimbangkan untuk meninjau harga gas lebih dulu. Namun penekanannya justru lebih condong untuk mencermati soal perbandingan pasokan dan permintaan gas secara nasional.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.