Monday, May 29, 2017

Kepastian Proyek Inpex Corp Blok Masela ditetapkan Juni

May 14, 2010 by  
Filed under BBG

Kepastian proyek Inpex Corp. di Lapangan Abadi, Blok Masela akan diperoleh pada Juni menyusul akan ditetapkannya financial closing atas proyek tersebut.

Namun, hal itu masih dibayangi oleh ketidakjelasan menyangkut hasil penetapan tim kajian independen yang semula diberi waktu selama enam bulan untuk memilih opsi yang paling tepat, apakah proyek harus dilakukan di darat atau lepas pantai.

Presiden Direktur PT Energi Mega Persada Imam P. Agustino mengatakan perusahaan yang bermaksud untuk farm in di Blok Masela sebesar 10% saat ini masih menunggu persetujuan dari pemerintah. Secara parallel, tuturnya, perusahaan bersama Inpex tengah mempersiapkan financial closing untuk proyek yang diperkirakan mengandung cadangan gas sekitar 10 triliun kaki kubik (tcf) tersebut.

“Financial closing lagi diproses dan kemungkinan selesai dalam dua bulan. Sekitar Juni-lah…Setelah itu baru akan ada cash call kepada perusahaan untuk proyek tersebut,” katanya kepada Bisnis.

Awal November lalu, Energi Mega melalu EMP Energi Indonesia membuat kesepakatan dengan Inpex untuk farm in sebesar 10% atas Blok Masela. Energi Mega ‘menyisihkan’ Pertamina yang sebelumnya juga berkeinginan untuk masuk ke dalam proyek yang sudah lama nasibnya menggantung tersebut.

Ketidakjelasan nasib proyek gas Masela yang akan dikonversi menjadi gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) sebanyak 4,5 juta ton per tahun mulai 2016 itu bermula dari polemik mengenai terbitnya ‘persetujuan prinsip’ pengembangan Lapangan Abadi dengan skenario floating LNG (kilang LNG terapung) oleh Menteri ESDM.

Namun, menyusul adanya permintaan pemerintah daerah penghasil agar proyek tersebut dilakukan di daratan Saumlaki, melalui surat kepada BP Migas, Menteri ESDM meminta agar ada tambahan kajian lebih mendalam oleh lembaga independen untuk mencari solusi.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.