Monday, October 23, 2017

Kepastian proyek Donggi-Senoro dikeluarkan Juni

May 5, 2010 by  
Filed under BBG

Pemerintah optimistis kepastian operasional proyek Donggi-Senoro bisa dikeluarkan pada Juni, menyusul kesiapan cetak biru (blue print) gas nasional yang digarap oleh Kementerian ESDM dan Menko Perekonomian.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh mengatakan dalam mengambil keputusan tersebut, pemerintah melihat kepentingan nasional bukan akibat tekanan yang berupa ancaman dari para calon pembeli gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) yang akan mundur jika tidak ada kepastian operasional Donggi-Senoro hingga Juni 2010. Calon pembeli tersebut adalah Kyushu Electric Power Co Inc, Korean Gas Corp, dan Chubu Electric Power.

“Kita harus melihat kepentingan nasional dan sangat menghargai dengan tetap menjaga hubungan baik dengan para investor dan para pembeli. Kalau mereka [calon pembeli gas Donggi-Senoro] akan mundur, mungkin punya pertimbangan sendiri,” kata Darwin di Istana Presiden hari ini.

Dalam membuat keputusan soal operasional Donggi-Senoro, jelasnya, pertimbangan pemerintah harus lengkap. Dia mengatakan Kementerian ESDM berkoordinasi dengan Menko perekonomian, dan Wapres Boediono yang akan menentukan keputusan.

Ketika ditanyakan mengenai cetak biru gas nasional yang diminta Wapres dan telah diserahkan ke Boediono akhir April lalu, Darwin mengatakan blue print tersebut sudah siap, mengingat neraca gas merupakan hal yang harus terus diperbarui.

“Blue print gas itu kami sudah buat. Blue print gas sudah kami upgrade lagi dan saya sudah menerima presentasi dari tim pokja gas ESDM yang terdiri dari orang-orang eselon satu Kementerian ESDM, BP Migas, BPH Migas, Pertamina, PLN juga ada,” kata Darwin.

Prinsipnya, tambah dia, gas diperuntukkan sebanyak-banyaknya bagi kepentingan domestik, dengan mempertimbangkan sistem distribusi, transmisi, infrastruktur dan penyimpanannya.

Dalam kesempatan yang sama Menko Perekonomian Hatta Rajasa juga mengatakan optimistis keputusan pengoperasian Dongi-Senoro bisa dikeluarkan Juni tahun ini jika cetak biru gas nasional selesai dibuat.

“Intinya adalah bagaimana gas balance jangka pendek ini. Memang yang terbaik itu adalah di-split,” kata Hatta.

Menurut dia, harus dipikirkan untuk mengombinasikan antara keperluan gas peruntukan domestik dengan ekspor, yang disesuaikan dengan pasokan yang ada agar dalam negeri tidak kekurangan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.