Friday, May 26, 2017

Kenaikan TDL 900 VA dijamin tak lebih 15%

March 23, 2010 by  
Filed under BBM

Pemerintah menjamin rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL) pada Juli 2010 bagi pelanggan berdaya kurang dari 900 Volt Ampere (VA) tidak akan lebih dari 15% sehingga tidak memberatkan masyarakat berdaya beli terbatas.

Dirjen Listrik dan Pemanfaatan Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jacobus Purwono mengungkapkan rencana kenaikan TDL itu dipastikan tidak akan memberatkan pelanggan yang kurang mampu.

“Soal kenaikan TDL itu masih dihitung karena daya beli setiap golongan berbeda-beda. Sejak 2003 kan tidak ada kenaikan TDL, tetapi kita juga tidak ingin beban pelanggan menjadi lebih berat dibandingkan dengan kenaikan 2003,” ujarnya hari ini.

Yang pasti, tambahnya, kenaikan TDL untuk golongan pelanggan kurang dari 900 VA di bawah 15%, tetapi golongan lebih tinggi akan lebih besar dari 15% sesuai dengan pengumuman dari Menkeu Sri Mulyani Indrawati beberapa waktu lalu.

Menurut dia, pemerintah saat ini tengah merumuskan bentuk kompensasi yang akan diberikan kepada masyarakat atas kenaikan TDL tersebut sehingga bermanfaat bagi pelanggan listrik.

Hanya saja, tegasnya, bentuk kompensasi kenaikan TDL itu tetap mempertimbangkan keuangan negara sehingga tidak merugikan anggaran negara.

“Soal kompensasi itu lagi kita rumuskan, kira-kira apa yang bermanfaat bagi pelanggan listrik dan juga tidak merugikan negara. Salah satu bentuk kompensasi it, seperti bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat kurang mampu.”

Bentuk kompensasi BLT itu, dia menjelaskan, diharapkan mampu mengubah bentuk susbsidi dari harga listrik menjadi subsidi langsung, terutama diberikan kepada pelanggan berdaya beli terbatas, yakni 900 VA ke bawah.

“Kalau BLT diberlakukan, tentunya subsidi listrik bisa lebih rendah dibandingkan dengan kondisi saat ini,” tutur Jacobus.

Di sisi lain, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh mengungkapkan pemerintah masih melakukan simulasi ke masyarakat sebelum rencana kenaikan TDL itu diberlakukan sehingga tidak membebani masyarakat.

“Kita harapkan kenaikan TDL itu bisa dipikul oleh masyarakat. Pemerintah masih dilakukan simulasi sebagai bentuk kehati-hatian pemerintah. Itu [kenaikan TDL] juga masih akan dikomunikasikan dengan wakil rakyat,” tuturnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.