Friday, May 26, 2017

Kenaikan TDL 15% tetap dilaksanakan Juli

March 11, 2010 by  
Filed under BBM

Pemerintah memastikan rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL) rata-rata 15% tetap diberlakukan mulai Juli 2010 untuk mengantisipasi pembekakan tambahan subsidi listrik tahun ini sebesar Rp16,7 triliun dalam APBNP 2010.

Direktur Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jacobus Purwono mengungkapkan pemerintah akan mengajukan rencana kenaikan TDL mulai Juli tersebut kepada DPR pada April 2010.

“Kalaupun pemerintah memutuskan adanya tambahan subsidi listrik sebesar Rp16,7 triliun pada tahun ini, rencana kenaikan TDL itu tetap diberlakukan. Justru kalau TDL tidak naik, tambahan subsidinya bisa membengkak menjadi dua kali lipat. Makanya April ini akan diajukan ke DPR,” ujarnya, hari ini.

Hanya saja, tegasnya, hingga kini pihaknya masih membahas rencana kenaikan TDL tersebut secara detail bersama Kementerian Keuangan.

Menurut dia, besaran kenaikan TDL tersebut akan dikalkulasikan dan disesuaikan per golongan pelanggan.

Dia menerangkan besaran kenaikan TDL tersebut juga akan disesuaikan dengan daya beli masyarakat, sehingga kelompok masyarakat dengan daya beli baik, kenaikan TDLnya bisa lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok masyarakat yang daya belinya rendah.

DPR, kata dia, tentunya lebih realistis menentukan sikap terhadap rencana kenaikan TDL tersebut.

“DPR kan juga bisa menilai sendiri, pelanggan mana yang mesti dilindungi dengan subsidi dan mana yang tidak. Jadi angka kenaikan TDL ini akan berbeda antara pelanggan satu dengan lainnya.”

Jacobus mencontohkan golongan pelanggan kecil bisa saja kenaikan TDLnya kurang dari 15%. Di sisi lain, kenaikan TDL untuk kelompok pelanggan industri juga dimungkinkan mencapai 17%.

“Kami sedang melakukan exercise untuk persiapan ke DPR. Kami juga akan meminta pertimbangan dari berbagai pihak yang mewakili konsumen, apakah asosiasi perusahaan untuk konsumen besar ataupun YLKI untuk mewakili konsumen kecil. Jadi, jangan khawatir aspirasi masyarakat banyak tetap akan disuarakan oleh asosiasi, YLKI dan juga oleh DPR,” tutur Purwono.

Senada dengan itu Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh menegaskan pemerintah tetap akan melihat kemampuan daya beli masyarakat dalam penetapan kenaikan TDL tersebut.

“TDL itu masih dibicarakan oleh pemeritah dan DPR. Yang pernting sesuai dengan prinsip keekonomian supaya PLN juga berkemampuan dan sehat. Di sisi lain, pemerintah tetap harus melihat kemampuan kelompok rumah tangga yang tidak mampu,” tutur Darwin.

Sementara itu, Ketua Komisi VII DPR Teuku Riefky Harsya mengungkapkan DPR tetap mengupayakan agar rencana kenaikan TDL pada tahun ini tidak memberatkan kelompok masyarakat dengan tingkat adya beli kecil.

“Kami akan menggunakan hasil survai kemampuan daya beli masyarakat berpenghasilan rendah serta sektor industri dalam beberapa bulan ke depan sebagai acuan dalam pembahasan dengan pemerintah. Harapannya, jangan sampai rencana tersebut malah semakin menyulitkan kelompok masyarakat dengan tingkat daya beli rendah,” ujarnya.

Menurut dia, opsi perbaikan alokasi subsidi listrik, mekanisme subsidi silang, maupun peningkatan efisiensi di PLN juga bisa menjadi alternatif keberpihakan pemerintah untuk masyarakat yang berdaya beli rendah.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.