Monday, March 27, 2017

Kementerian ESDM pantau & awasi kenaikan Tarif Dasar Listrik

July 4, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memantau dan mengawasi terus pengaruh kenaikan tarif dasar listrik (TDL) rerata 10% yang akan diterapkan mulai 1 Juli 2010.

Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh mengungkapkan kementeriannya tetap akan mengutamakan peningkatan pelayanan di sektor kelistrikan, mengingat kebijakan penaikan TDL memberikan dampak sosial di masyarakat.

“Yang jelas, pelayanan kepada masyarakat itu akan terus berjalan dan kita menyongsong kenaikan TDL yang Insya Allah, besok dilaksanakan. Kita akan terus memantau pengaruhnya. Tadi saya sudah rapat bersama Sekjen, Staf Ahli Bidang Hukum, dan kemudian bersama Pa Jack [Dirjen LPE Jacobus Purwono] sudah rapat untuk itu [pelaksanaan kenaikan TDL],” katanya hari ini.

Menurut dia, pemantauan tersebut lebih difokuskan kepada pihak-pihak yang diperkirakan memang akan terkena pengaruh akibat kenaikan tarif listrik, menyusul penetapan status tersangka kasus korupsi terhadap Direktur Jenderal Listrik dan Pemanfaat Energi (LPE) Jacobus Purwono oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Proses hukum terus berjalan, dan yang terpenting, kita akan mengamati dari waktu ke waktu dan mengingatkan tim yang akan memantau [pengaruh kenaikan TDL] tetap berjalan baik dengan baik.”

Terkait payung hukum pemberlakuan tarif listrik baru mulai 1 Juli, Darwin mengatakan keputusan itu akan dituangkan dalam Keputusan Presiden dan atau Keputusan Menteri ESDM.

“Saya kira, tentu kita akan menaikkan TDL dengan segala macam, secara prosedural yang harus ada dan ditempuh. Persetujuan DPR sudah ada, kemudian nanti dengan suatu Keppres dan Kepmen. Kita lihat nanti secara hukum. Paling telat hari ini [keputusan sudah keluar],” tutur Darwin.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.