Thursday, July 27, 2017

Kementrian BUMN andalkan Antam beli 7% saham Newmont

April 9, 2010 by  
Filed under Coal

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tetap mengandalkan PT Aneka Tambang Tbk untuk membeli 7% saham program divestasi 2010 yang ditawarkan oleh PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) senilai US$444 juta.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan kementeriannya siap mengambil 7% saham divestasi tersebut bila pemerintah pusat memberikan kesempatan untuk itu.

“Kalau dipersiapkan dengan baik, saya kira ada potensi BUMN akan mengambilnya [7% saham NNT]. Antam mempunyai potensi untuk itu [mengambil] dan kami mendorong BUMN itu,” ujarnya, hari ini.

Dia mengakui pada dasarnya Antam berkeinginan untuk membeli saham pemilik tambang Batu Hijau itu, program divestasi sebelumnya. Hanya saja, tegasnya, pemerintah masih mengakomodir masukan dari Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berkeinginan kuat memiliki saham tersebut.

“Sebelumnya kan banyak usulan dari Pemda NTB agar pemerintah pusat tidak menangani saham itu [divestasi NNT] dan menyerahkannya ke Pemda. Makanya kita memperilahkan Pemda NTB mengambil. Kalau pemerintah betul-betul memberikan kesempatan, supaya BUMN sejenis bisa masuk, saya kira Antam tetap berminat.”

Menurut dia, kementeriannya masih menunggu keputusan pemerintah soal pembelian 7% saham NNT, divestasi 2010.

Sementara itu, Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Koordinasi Energi, Sumber Daya Mineral, dan Kehutanan Wimpy S. Tjetjep mengungkapkan soal keputusan pembelian 7% saham NNT oleh pemerintah pusat ada di tangan Kementerian Keuangan.

“Pembelian oleh pusat itu, kewenangannya ada di Kemenkeu. Hanya saja, kesepakatan harga beli itu ada di Kementerian ESDM,” tuturnya.

Ketika ditanya apakah pemerintah pusat akan mengambil saham NNT jatah divestasi 2010, Wimpy tidak bersedia memberikan tanggapan.

Seperti dberitakan sebelumnya, PT Sumbawa Maju Jaya, perusahaan bentukan Pemkab Sumbawa dan Valco Corporation telah menyatakan minatnya mengakuisisi 7% saham NNT.

Bahkan, perusahaan tersebut telah menyiapkan dana sebesar US$444 juta untuk membutktikan keseriusannya mengambil saham tersebut.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.