Friday, July 21, 2017

Kementerian Lingkungan Hidup & Danone kembangkan biogas

May 12, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Kementerian Lingkungan Hidup bekerja sama dengan kelompok usaha makanan dan minuman Danone mengembangkan biogas berbahan dasar kotoran sapi di Kecamatan Sagalaherang, Cisaat, Kabupaten Subang, Jabar.

Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta mengatakan program pengembangan biogas bertujuan untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui penyediaan bahan baku alternatif.

“Program penggunaan gas berbahan dasar kotoran sapi ini diharapkan bisa berkontribusi dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca melalui pengurangan kayu sebagai bahan bakar,” katanya, hari ini.

Masyarakat, katanya, bisa merasakan banyak manfaat seperti untuk memasak dengan adanya 202 unit biogas di Kabupaten Subang dan Bandung Barat.

Dia mencontohkan penggunaan biogas dalam memasak tidak menghasilkan asap sehingga lebih sehat dan membuat dapur menjadi lebih bersih. Selain untuk bahan bakar, kata Gusti, kotoran sapi juga dapat diolah menjadi pupuk.

Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone Aqua) Bernard Ducros menambahkan program pengembangan biogas sangat menarik dan ramah lingkungan.

Dia biogasĀ  memiliki tiga manfaat, yaitu mengurangi penggunaan kayu, menjaga kualitas udara, dan menjaga kualitas air.

“Danone memberikan subsidi 40% dari harga biodigester (alat pengolah kotoran sapi menjadi biogas) seharga Rp2,7 juta per unit,” ujarnya.

Untuk meringankan pelaku usaha, Kementerian LH juga menggandeng Bank Syariah Mandiri untuk pembiayaan biodigester.

Direktur Bank Syariah Mandiri Hanawijaya mengatakan program pembiayaan biogas tersebut termasuk dalam pinjaman usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Program pembiayaan telah berjalan sejak 2006, dan hasilnya cukup bagus,” paparnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.