Saturday, March 25, 2017

Kementerian Energi Jamin Pasokan BBM Lebaran

August 26, 2011 by  
Filed under Alternatif, Featured

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menjamin kelancaran distribusi bahan bakar minyak (BBM) saat lebaran nanti. Pemerintah telah menyiapkan kantong-kantong BBM Premium di beberapa lokasi dan menambah mobil tangki dari Solar ke Premium untuk kelancaran distribusi.

Seperti dikutip dalam buku Panduan Ramadan-Lebaran 1432 Hijriah Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral, Rabu, 24 Agustus 2011, Kementerian ESDM memprediksi masa puncak lebaran akan dimulai dari 26 Agustus-4 September 2011. Masa puncak akan mengakibatkan kemacetan, sehingga menghambat laju mobil tangki untuk menyalurkan BBM dari depot ke SPBU dan dari SPBU kantong ke SPBU lainnya.

Untuk itu, diperlukan dukungan Dinas Perhubungan agar memperlancar daerah-daerah rawan macet, longsor, dan perbaikan jalan serta dukungan pengamanan aparat kepolisian terhadap objek vital dalam hal ini instalasi depot, SPBU, dan SPBE.

Kementerian ESDM menyiapkan 38 kantong BBM Premium untuk mengamankan pasokan BBM, yang terdiri atas 16 kantong BBM di Banten, Jawa Barat, sembilan di Jawa Tengah, tujuh di Jawa Timur, tiga di Lampung, dan tiga kantong BBM di Sumatera Selatan.

Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh, dalam inspeksi kesiapan lebaran beberapa waktu lalu mengatakan bahwa terminal BBM Cikampek siap menyuplai distribusi bahan bakar ke kantong-kantong BBM yang berada di sekitar Jawa Barat. Dengan demikian, beban operasional penyaluran terminal BBM Plumpang berkurang 20 persen.

“Sejak beroperasi 2007, terminal Cikampek mengurangi beban terminal Plumpang dari 600 kiloliter per hari menjadi 490 kiloliter per hari. Pasokan BBM terminal Cikampek dipasok langsung dari kilang Balongan melalui pipa,” katanya.

Sementara itu, Pertamina telah menambah mobil tangki atau switching mobil tangki Solar menjadi Premium untuk melayani SPBU di sekitar jalur Indramayu-Cirebon dan Jawa Tengah.

Untuk mengantisipasi membeludaknya pemudik sepeda motor, Pertamina mengatur pembedaan jalur pelayanan motor dan mobil serta menyediakan pelayanan SPBU transit khusus sepeda motor yang berjumlah 141 SPBU, yang tersebar di 31 SPBU transit di Banten,Jawa Barat, 58 SPBU transit di Jawa Tengah, dan 52 SPBU transit di Jawa Timur.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.