Saturday, March 25, 2017

Kebocoran Pipa Tanah Putih Chevron kembali normal

October 31, 2010 by  
Filed under BBM

Produksi minyak dari lapangan Bangko dan Balam milik PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang sempat dihentikan karena kebocoran pipa Tanah Putih, Riau, (28 Oktober 2010), kini sudah kembali normal.

VP Policy, Government & Public Affairs CPI Yanto Sianipar mengatakan perbaikan pipa yang bocor di Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, sudah selesai kemarin malam.

“Kegiatan operasi kini sudah berjalan normal kembali,” ujarnya kepada Bisnis, siang ini.

Kemarin, CPI sempat menghentikan sementara pengiriman minyak dari lapangan Bangko dan Balam karena kebocoran tersebut. Pihak CPI kini masih terus menyelidiki penyebab pipa di Tanah Putih yang bocor sekitar pukul 06.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut. Namun tiga orang penduduk sempat terkena cipratan minyak dan sudah diperbolehkan pulang setelah mendapat pemeriksaan di klinik di Bangko.

Produksi CPI sempat juga terganggu akibat kebocoran pipa gas yang dikelola PT Transportasi Gas Indonesia (TGI) tepatnya di ruas Grissik ke Duri di KP 277 yang terletak di Desa Kampung Sawah, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, pada 22 September 2010.

Pihak terkait pun masih terus melakukan investigasi atas insiden tersebut. Akibat kebocoran tersebut produksi CPI sempat mengalami penurunan produksi hingga menjadi 152.000 barel per hari (bph) di bawah normal. Adapun produksi normal CPI pada lapangan Duri rata-rata sebanyak 180.000 bph.

Bocornya pipa di Duri cukup memengaruhi penurunan rata-rata produksi minyak nasional yang sempat mencapai 700.000 bph atau terendah sepanjang 2010. Adapun target rata-rata produksi minyak tahun ini sebesar 965.000 bph.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.