Saturday, March 25, 2017

Kebijakan ekspor gas rugikan negara sebesar Rp155 triliun

April 14, 2010 by  
Filed under BBG

Pemerintah dinilai merugi akibat kebijakan ekspor gas yang diduga membuat Indonesia kehilangan devisa sekitar Rp155,7 triliun dalam setahun akibat konsumen domestik harus membakar BBM untuk menggantikan gas yang diekspor.

Mantan Dirut PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Qoyum Tjandranegara mengatakan selama ini pemerintah keliru dalam memandang ekspor gas dalam bentuk LNG yang dianggap memberikan keuntungan. Padahal, tuturnya, setinggi-tingginya harga gas yang diekspor masih setengah dari harga BBM yang sebagiannya harus diimpor sebagai bahan bakar konsumen domestik.

“Ekspor gas itu harganya masih setengah BBM. Perhitungan saya menyebutkan kalau ekspor gas itu sekarang Rp4.000, untuk takaran yang sama BBM harus dikonsumsi Rp8.000. Bagaimana dianggap ekspor LNG itu menguntungkan. Pandangan itu completely wrong,” jelasnya hari ini.

Menurut dia, akibat dari kebijakan itu negara kehilangan devisa sekitar Rp155,7 triliun dalam setahun. Padahal, tuturnya, apabila dana itu bisa diamankan bisa digunakan untuk membangun infrastruktur. “Kalau dibuat pipa gas Jawa-Sumatra-Kalimantan, rasanya tidak akan lebih dari Rp100 triliun,” katanya.

Sementara itu, President Indonesia Petroleum Association Ron Aston mengatakan pemerintah justru telah mendapatkan penerimaan yang sangat besar melalui ekspor gas yang sudah dilakukan selama ini. “Pemerintah tidak pernah kehilangan devisa dari kebijakan ekspor gas ini. Bahkan, pemerintah sudah mendapatkan penerimaan yang besar.”

Menurut dia, gas sebenarnya bisa dioptimalkan untuk domestik. Hanya saja, tuturnya, syarat fundamental bagi terciptanya kondisi tersebut adalah harga yang kompetitif.

“Perlu harga yang kompetitif dan bisa diterima sehingga investor di sisi hulu pun bisa mengembangkan lapangannya. Gas itu sedikit berbeda dengan minyak. Investor harus punya pembeli dulu, dan untuk itu harga menjadi pertimbangan utama,” ungkapnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.