Sunday, July 23, 2017

Tren gangguan keamanan industri migas turun

July 4, 2010 by  
Filed under BBM

Gangguan keamanan industri minyak dan gas (migas) menunjukkan tren menurun dari tahun ke tahun yang diharapkan bisa meningkatkan jaminan kelancaran operasi migas di Tanah Air.

Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Formalitas Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Agus Suryono mengatakan keamanan merupakan salah satu faktor bagi lancarnya kegiatan eksplorasi dan eksploitasi migas.

Lancarnya operasi migas, katanya, menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan produksi migas sesuai dengan target yang ditetapkan pemerintah.

Menurut dia, aksi pencurian, unjuk rasa, ancaman penghentian kegiatan operasi, dan gangguan keamanan lainnya kini menunjukkan tren penurunan dari tahun ke tahun. Hingga Juni 2010, gangguan keamanan hanya sekitar 216 kasus.

“Pada 2008 terdapat 715 kasus gangguan operasi dan pencurian peralatan. Pada 2009, gangguan turun 35% menjadi hanya 471 kasus. Hingga Juni tahun ini kejadian gangguan 216 kasus,” jelasnya ini seperti ditulis situs resmi BP Migas hari ini.

Agus menjelaskan industri migas masih memegang peran penting bagi penerimaan negara. Pada 2009, penerimaan sektor ini mencapai 31,6% dari total penerimaan negara dalam APBN.

Dalam kaitan peningkatan pengamanan operasi migas, BP Migas hari ini menandatangani nota kesepahaman dan organisasi tata kerja satuan pelaksanaan pengamanan bersama antara BP Migas Perwakilan Jawa Timur, Papua, Maluku, dan Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.