Friday, May 26, 2017

Karir Di Perminyakan

December 14, 2009 by  
Filed under Lowongan Migas

Hingga saat ini besarnya penghasilan  dan fasilitas kesejahteraan yang diberikan perusahaan Minyak dan Gas  menjadi daya tarik utama bagi banyak orang untuk berkarir di bidang energi ini. Sebagai gambaran contoh perbandingan karir perminyakan, dengan hanya berbekal ijazah baru lulusan S1 di perusahaan Minyak Dan Gas bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 6 juta/perbulan dan di tahun ke 5, gaji  mereka bisa mencapai Rp. 20 juta/bulan.
Kenyataan  ini sangat jauh Jauh kalau dibandingkan dengan standar gaji manufacture/ pabrik yang rata-rata hanya memberi Rp. 1.5 juta/ perbulan untuk lulusan baru S1. Di tahun ke 5 perkiraan gaji yang didapatkan pun hanya sekitar Rp 4 juta/bulan saja. Perbandingan gaji yang cukup jauh inilah yang menjadikan karir perminyakan banyak diminati.

Seorang senior di bidang Migas, sangat mungkin untuk bisa bekerja di pusat-pusat explorasi minyak dunia seperti Aberden, Timur Tengah, Norwegia, Shakalin Rusia, Houston dll dengan penghasilan di atas $8.000.
Selain itu mereka yang hanya lulusan SLTA/STM pun bisa bekerja di perusahaan Migas dengan penghasilan cukup memuaskan. Saat ini banyak diantara mereka mereka yang bermodalkan ijasah SLTA mendapatkan gaji sekitar 20 juta/bulan. Tidak jarang pula diantara mereka ada yang mendapatkan pekerjaan di Nigeria dengan gaji $12.000/bulan.

Sementara itu kini lebih dari 1500 orang tenaga ahli perminyakan Indonesia kini tengah bekerja diladang-ladang minyak negara Timur Tengah seperti Kuwait dan Arab Saudi dan keahlian mereka diakui negara tersebut. Mereka mendapat bayaran tinggi beberapa kali lipat dibanding bila mereka bekerja di dalam negeri

Kenyataan ini mengubah persepsi banyak orang  di Timur Tengah bahwa Negara Indonesia tidak hanya bisa mengirimkan tenaga kerja kasar non keahlian saja,  tapi juga mampu memproduksi tenaga-tenaga profesional yang butuh keterampilan khusus dalam bidang energi. Singkatnya, bahwa tenaga kerja Indonesia tidak hanya sebatas TKI saja, tapi juga tenaga-tenaga ahli diberbagai bidang dengan keahlian yang khusus dan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

Di beberapa negara-negara  Eropa dan Skandinavia tenaga ahli perminyakan Indonesia juga mulai dipandang, mulai banyak  yang bekerja ditambang minyak lepas pantai.Saat ini Lembaga sertifikasi profesi ahli perminyakan Cepu Jateng telah diberi kewenangan untuk menerbitkan sertifikasi keahlian dalam bidang perminyakan dan gas bumi yang sudah diakui oleh dunia.

Oilcareer.com access the latest job ads, oil projects, apply for jobs online and more! EXCHANGE LINKS FREE – we get 3000 unique daily visitors. Google PR 5. Alexa Rank: 128,238 and it’s free. Visit: www.oilcareer.com

Comments

18 Responses to “Karir Di Perminyakan”
  1. pungky says:

    aku mau kerja di perminyakan, tapi link atau arahnya kemana?? walaupun dikirim ke luar negeri aku juga mau.. aku lulusan d3 teknik elektro.. PTN

  2. admin says:

    Mendapatkan kerja di bidang oil & gas memang membutuhkan strategi yang tidak mudah, apalagi dengan minimnya info membuat kebanyakan orang gagal menembus ketatnya seleksi penerimaan kerja di bidang Migas ini. Untuk mengetahui step by step melamar lowongan kerja Migas, silahkan kunjungi http://oilgascareerguide.com/

  3. Octa Lagana says:

    Bagaimana caranya bisa bergabung dengan perusahan minyak, saya hanya lulusan SMK/STM, itu keinginan terbesar saya…tolong donk informasinya…hp. 081244587010

  4. eko says:

    ko jarang ya lowongan di oil dan gas lulusan teknik informatika.sering cari-cari ko ga dapet-dapet ya??mohon infonya kalo ada buat lulusan teknik informatika diperusahaan oil dan gas atau pertambangan batu bara.siap ditempatkan dimana saja

  5. admin says:

    untuk tamatan SLTA / STM jalur yang paling mungkin dimasuki adalah dari jalur Engineering Consultant Oil & Gas.
    Engineering Consultant Oil & Gas bertugas untuk mendesain fasilitas pengeboran minyak milik perusahaan Oil & Gas. Hasil desain yang dikeluarkan berupa gambar kerja yang akan digunakan pihak kontraktor dalam membangun pengeboran minyak tersebut.

    Untuk membuat gambar desain ini, diperlukan banyak sekali DRAFTER (juru gambar) yang Umumnya berasal dari latar belakang pendidikan SLTA/STM yang dahulunya kursus di tempat tersebut.Jumlah drafter di suatu proyek Oil & Gas sangat banyak, jumlahnya bisa mencapai 60% karyawan Engineering Consultant Oil & Gas .

  6. aristonyoga says:

    Kalo saya di bidang perkapalan,,kalo ga salah alumni saya banyak di industri migas diyempatkan di bagian marine operation,,apa benar posisi itu yang cocok untuk perkapalan,,,kalo bidang lain?

  7. aguseko says:

    kalau misal lulusan STM ingin bekerja di oilgas mulai dari awal lebik baik mengambil kursus welding atau drafter sesuai urutan banyaknya peminat ataupun jumlah lowongan yang tersedia?

  8. eci says:

    aku pengen kerja di perminyakan, aku lulusan ekonomi akuntansi di semarang…..aku pengen banget kerja di perminyakan…..dan bagaimana caranya supaya saya bisa bergabung….n biasanya bagian apa untuk lulusan ekonomi, biasanya hanya dibutuhkan untuk lowongan teknik….
    di training dulu aku mau coba….ada lowongan kerja kmana yach…..tolong bantu….

  9. abi says:

    aku pelaut tapi aku pengen kerja di darat terutama di perminyakan….aku memiliki sertfikat ANT III dan sertifikat pelaut….aku punya pengalaman kerja selama 2 tahun berlayar ke luar negeri….bagaimana saya bisa bergabung di perusahaan perminyakan seperti chevron dan conoco dan ada tdk lowongan untuk saya di perusahaan tersebut….dan bagian apa……tolong dibantu, trima kasih….

  10. Y'nny says:

    Delapan tahun yang lalu suami saya menyelesaikan kuliahnya dari TeknikPerminyakan ITB hanya dalam jangka waktu 4 tahun. semua perusahaan minyak sudah dicoba lokal dan internasional, tapi hanya tahap 3 besar. suatu waktu seseorang enginering Halliburton melihat ijazahnya dan bilang sangat bagus nilainya TAPI KENAPA belum bekerja????/ 8 tahun menunggu membuat suami saya DOWN dan menarik diri dari pergaulan. sesulit itukah untuk orang pintar yang pendiam????? padahal dia jujur dan tekun???? ALUMNI ITB adakah yang mendengar jeritan hati TEMANmu???? suamiku?

  11. Y'nny says:

    Aku mengetahui Ikatan Alumni ITB sangat kuat dan anti dengan kevakuman. Suamiku ada di NO. INi: 021- 8443327

  12. dady says:

    assalamualaikum.wr.wb
    saya lulusan teknik industri. Untuk masuk oil and gas bagaimana caranya? pelatiahn apa yang saya ikuti? email dady_87industri@yahoo.co.id
    wassalamualaikum,wr,wb

  13. m aji says:

    saya S1 ekonomi/ marketing
    apa ada celah untuk bisa masuk industri oil n gas

  14. rizka asti says:

    assalamu’alaikum wr.wb
    saya ingin memasukan ayah saya,beliau lulusan s1 perminyakan trisakti.
    apa masih memungkinkan untuk diterima kerja. saya menaruh harapan besar. terima kasih sebelumnya !!!!

  15. Bramalestha says:

    saya mohon bantuannya, kepada senior senior..
    saya telah bekerja di salah satu perusahaan oil & gas sekarang ini.. tp saya berfikirir tidak ada jenjang karir di perusahaan ini.. saya mohon info dari rekan rekan sekalian.. email saya lestiano@yahoo.com

    terimakasih

  16. Hari Setiyono says:

    Lowongan kerja di dunia MIGAS msih ada ngga??
    Soalnya saya sekarang sedang mendalami dunia MIGAS di AKADEMI MINYAK DAN GAS BALONGAN

  17. muhammad jaelani says:

    sy ingin melamar kerja, sy punya pengalaman kerja dan tersertifikasi dari pendidikan dan pelatihan saya di Perusahaan sebelumnya. Saya eks pekerja Organik di BUMN dalam Negeri selama 5 tahun.

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. Diperkirakan tahun 2030 besarnya permintaan energi akan terus meningkat sekitar 40 % atau 16,8 miliar toe, wah suatu permintaan yang amat sangat besar yg hrs di penuhi..



Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.