Sunday, March 26, 2017

Jumlah SPBU Pertamina tumbuh 10%

June 24, 2010 by  
Filed under BBM

JAKARTA: Jumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dengan merek dagang PT Pertamina (Persero) bersertifikasi Pasti Pas tumbuh 10% lebih selama semester I 2010 yang disokong dari pertumbuhan SPBU baru.

Vice President Corporate Communications Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan berdasarkan data terakhir, jumlah SPBU berlogo Pertamina yang beroperasi telah mencapai 4.663 unit.

Artinya, terjadi pertambahan unit SPBU sebanyak 154 unit sejak pertengahan Desember 2009.

Dari sejumlah SPBU itu, katanya, yang telah mengantongi sertifikat SPBU Pasti Pas telah mencapai 2.868 unit, dengan 278 unit atau 10,44% di antaranya merupakan pertambahan selama 6 bulan pertama 2010.

Dengan pertambahan tersebut secara keseluruhan SPBU Pasti Pas kini telah mencapai 61,5% atau bertambah sekitar 4% dari posisi 15 Desember 2009.

“Jumlah SPBU Pasti Pas sampai saat ini ada 2.868 unit, termasuk pencapaian tahun 2010 sebanyak 278 unit,” jelasnya hari ini.

Basuki mengatakan pertambahan SPBU Pasti Pas yang cepat karena disokong oleh SPBU baru yang cenderung lebih mudah untuk mendapatkan sertifikasi tersebut. Selain itu, katanya, SPBU lama juga memiliki kesempatan yang sama untuk meraih sertifikasi tersebut.

“SPBU baru akan lebih mudah untuk penyesuaiannya, baik dari kelengkapan fisik maupun persiapan SDM-nya. Untuk SPBU lama tetap mendapatkan kesempatan yang sama sepanjang persyaratan-persyaratan fisik SPBU dan fasilitas lainnya terpenuhi.”

Adapun, untuk SPBU milik sendiri, atau company owned company operated (Coco) Pertamina saat ini telah mencapai 53 unit. Pada tahun ini, katanya, akan dibangun 15 SPBU Coco yang kini dalam proses pembangunan.

Sebelumnya diinformasikan, Pertamina mengalokasikan investasi sekitar US$400 juta untuk mengembangkan SPBU Coco hingga 5 tahun ke depan.

Dengan rata-rata penjualan sekitar 50 kiloliter per hari, Pertamina menilai SPBU Coco memiliki prospek yang sangat cerah bagi perusahaan.

Selain di dalam negeri, Pertamina juga berencana membangun SPBU di Australia dan Malaysia. Basuki mengatakan rencana ekspansi bisnis hilir SPBU itu sejauh ini masih dalam tahap persiapan.

“Untuk SPBU Australia dan Malaysia perlu waktu. Kami melihat perkembangannya ke depan,” jelasnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.