Friday, May 26, 2017

JBIC siapkan dana proyek energi US$5,3 miliar

April 13, 2010 by  
Filed under Alternatif

Japan Bank for International Cooperation siap mendukung proyek energi dan lingkungan bermuatan teknologi maju di negara berkembang dengan alokasi dana 500 miliar yen (US$5,3 miliar).

Kepala strategi bisnis internasional grup JBIC Toyoaki Fujita mengemukakan bank itu siap membantu pembangunan luar negeri dan di dalam negeri dengan teknis persyaratan yang relatif tinggi untuk perusahaan yang mencari pinjaman dan investasi.

“Dana yang disiapkan itu sebesar US$5,3 miliar. Kami menyiapkan dana itu untuk tiga tahun ke depan,” ujarnya hari ini.

Menurut dia, JBIC mensyaratkan pinjaman bagi proyek untuk mengurangi pemanasan global, seperti pembangkit listrik tenaga surya. “Namun, pinjaman itu tetap dengan criteria penggunaan teknologi maju dan itu menguntungkan bagi perusahaan Jepang dibandingkan dengan pesaingnya. Pinjaman itu akan direalsiasikan pada akhir Mei.”

Pada Maret, JBIC telah sepakat menyediakan dana sebesar US$2 miliar untuk membiayai sejumlah pembangkit listrik Indonesia yang sedang dibangun oleh perusahaan Jepang. Proyek itu adalah PLTU Paiton dengan kapasitas 815 MW yang digarap Mitsui & Co dan proyek PLTU Cirebon berkapasitas 600 MW dan digarap oleh Marubeni Corp.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.