Friday, May 26, 2017

JBIC danai PLTU Paiton US$1,81 miliar

March 10, 2010 by  
Filed under Alternatif

Japan Bank for International Cooperation (JBIC) dan beberapa perbankan serta lembaga keuangan asing lainnya mengucurkan dana sekitar US$1,81 miliar untuk pendanaan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Paiton Ekspansi Unit 3 dan PLTU Cirebon.

Proyek PLTU Paiton Ekspansi Unit 3, Jawa Timur senilai US$1,5 miliar tersebut mendapatkan pinjaman kredit US$1,21 miliar dari JBIC dan beberapa lembaga keuangan lainnya, antara lain Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ, Ltd., Mizuho Corporate Bank, Ltd., Sumitomo Mitsui Banking Corporation, Sumitomo Trust and Banking Co, Ltd., BNP Paribas Bank, Credit Agricole Corporate and Investment Bank, Hong Kong dan Shanghai Banking Corporation, Ltd.

Sementara itu, proyek PLTU Cirebon, Jawa Barat berkapasitas 660 MW tersebut mendapatkan pinjaman kredit sebesar US$595 juta dari JBIC dan The Export-Import Bank of Korea (K-EXIM) yang keduanya merupakan perpanjangan tangan lembaga  keuangan Pemerintah Jepang dan Korea Selatan.

Direktur Eksekutif JBIC Fumio Hoshi mengungkapkan lembaga keuangan Pemerintah Jepang tersebut akan memberikan jaminan pinjaman kepada perbankan lainnya yang ikut memberikan pendanaan untuk kedua proyek pembangkit tersebut.

“Dalam hal ini, JBIC akan menjadi lead arranger untuk komitmen pendanaan yang akan diberikan kepada kedua proyek tersebut,” ujarnya, tadi malam.

Pinjaman pendanaan untuk proyek PLTU Paiton Ekspansi Unit 3 senilai US$1,21 miliar, jelas dia, terdiri dari JBIC US$729 juta dan bank umum US$486 juta yang dilindungi perluasan jaminan risiko politik JBIC.

Menurut dia, pinjaman JBIC dalam mata uang dolar AS dan yen Jepang berjangka waktu 17 tahun.

Sementara itu, tegasnya, untuk pinjaman pendanaan proyek PLTU Cirebon berkapasitas 660 MW tersebut akan mendapatkan jaminan terbatas. “Proyek ini [PLTU Cirebon] merupakan proyek pertama yang mendapatkan pembiayaan bersama dari JBIC dan K-EXIM,” tutur dia.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.