Saturday, July 22, 2017

Jakarta Eco-Products International Fair (EPIF) ke-6 Maret 2010

February 14, 2010 by  
Filed under Alternatif, Featured

Jakarta bulan Maret bulan depan akan menjadi Tuan Rumah Eco-Products International Fair (EPIF) ke-6 yang penyelenggaraannya tepatnya akan dilaksanakan pada 4-7 Maret 2010 di Jakarta Convention Center.Rencananya selama EPIF akan ditampilkan produk dan jasa yang ramah lingkungan dan diharapkan akan dikunjungi oleh 100,000 orang.

Untuk Penyelenggaraan EPIF ke-6, APO akan bekerjasama dengan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Kamar Dagang dan Industri (KADIN). Sedangkan lembaga lainnya yang ikut terlibat ialah UNEP (United Nations Environmental Program), ADB (Asian Development Bank), sementara dari pihak Jepang yang akan ikut serta antara lain Kementerian Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri, Kementerian Lingkungan, JICA, JBIC, Keidanren, JJC dan Kedutaan Besar Jepang.

Diharapkan jumlah peserta pameran nantinya bisa lebih banyak dibandingkan EPIF ke-5 meskipun pengaruh krisis keuangan global masih tetap terasa.Dalam penyelenggaraan tahun sebelumnya, angka pengunjung dan peserta pameran terus naik seiring dengan meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan di seluruh dunia.

Sebagai contoh pada penyelenggaraan EPIF ke-5 di Manila Maret 2009, sebanya 128 perusahaan dari berbagai sektor seperti listrik, energi, elektronik,konstruksi, mobil, transportasi, mesin dan teknik lingkungan. Dalam pameran itu, 36 perusahaan Jepang ikut berpartisipasi antara lain Toyota, Honda, Panasonic dan Mitsubishi Electric Corporation.

Sementara Kitayama Teisuke, Ketua Komite Persiapan EPIF 2010, menyatakan untuk merealisasikan masyarakat rendah karbon apakah penggunaan karbon dioksida yang menimbulkan efek rumah kaca harus dikurangi? Kitayama lalu menjelaskan bahwa saat ini semua perusahaan sedang menghadapi masalah pemanasan global dan diharapkan pada EPIF ke-6 tahun depan, pengakuan terhadap pentingnya konservasi lingkungan di antara perusahaan dan asosiasi bisnis di Indonesia akan semakin meningkat.

Saat ini sumber daya alam terus menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan seiring dengan masuknya negara ini ke abad 21 trennya semakin luar biasa namun sumber daya alam tentu ada batasnya dan oleh karena itu maka perusahaan lokal juga harus merubah cara berpikirnya, karena kini harus menghadapi masalah energi yang serius.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.