Saturday, May 27, 2017

Jajaran Direksi Baru Pertamina Dilantik

February 20, 2010 by  
Filed under BBM

Menteri Negara BUMN, Mustafa Abubakar,  kemarin (Jumat 19 Februari 2010)  melantik jajaran Direksi Pertamina yang baru. Karen Agustiawan tetap menjadi Direktur Utama Perusahaan migas nasional tersebut, sementara jabatan Wakil Direktur Utama ditiadakandan sebuah Direktorat baru dibentuk.

Selain jabatan wakil Direktur Utama yang ditiadakan, dalam jajaran direksi baru, juga dibentuk Direktur Perencanaan Investasi dan Manjemen resiko. Jabatan ini diberikan kepada Ferederik ST Siahaan, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan.

Menurut Karen Agustiawan, ke depan Pertamina akan mengalami pertumbuhan unorganik, melalui banyak akuisisi yang akan dilakukan. Tugas direktorat Perencanaan Investasi dan Menejemen Resiko untuk melakukan pengembangan usaha dan menganalisa manajemen resikonya.

“Tugas direktorat ini nanti yang akan melakuakn pengembangan usaha baik di hulu maupun di hilir,” demikian jelas Karen.

Sementara itu, Menteri Negara BUMN, Mustafa Abubakar menambahkan, posisi Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen resiko, untuk memenej resiko, karena investsai disektor migas memiliki resiko yang sangat besar.

Karena itu, pemerintah melalui direktorat ini, meminta agar investasi di sektor migas terus dicari, investor terus diundang tetapi pengamanan dari resiko harus benar-benar diperhitungkan.

“Kalau di negara, posisi direktorat ini sama dengan Bappenas,” tambah Mustafa.

Berikut ini nama dan jabatan direksi baru Pertamina:

Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama
Ferederick ST Siahaan sebagai Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko
Rukmi Hadi Hartini sebaga Direktur Sumberdaya Manusia
Waluyo sebagai Direktur Umum
Bagus Setiardja sebagai Direktur Pengolahan
Djaelani Sutomo sebagai Direktur Pemasaran dan Niaga
M Afdal Bahaudin sebagai Direktur Keuangan.

Pengangkatan anggota-anggota Direksi tersebut telah melalui proses fit & proper baik secara internal oleh dewan komisaris PT. Pertamina, maupun tim evaluasi di kementrian BUMN dan Tim Penilai akhir.

Sementara untuk jabatan Komisaris, belum ada penunjukan untuk menggantikan posisi dua komisaris yang saat ini menjadi pejabat pemerintah yakni, Gita Wirjawan yanng menjabat sebgai kepala BKPM dan Sutanto yang menjadi Kepala BIN.
“Dalam wakyu dekat kita akan menggantikan posisi dua komisaris yang lowong saat ini,” demikian pungkas Mustafa Abubakar.

MajalahTambang.Com / Alamsyah Pua Saba
Foto : Taufieq/TAMBANG)

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.