Friday, January 20, 2017

Izin Penggunaan Hutan untuk Kegiatan Migas Kini Hanya 140 Hari

May 1, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Jakarta – Pemerintah akan mempercepat keluarnya izin penggunaan kawasan hutan untuk kegiatan hulu minyak dan gas bumi menjadi 140 hari.

Hal tersebut akan dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) dengan Kementerian Kehutanan yang akan ditandatangani pada tanggal 6 Mei mendatang.

“Biasanya izin itu keluarnya lama bisa sampai dua tahun, tapi mereka (Kemenhut) janjikan kalau izin tersebut akan selesai dalam waktu 140 hari,” kata Kepala Divisi Humas, Sekuriti dan Formalitas BP Migas  Agus Suryono di Jakarta, Jumat (30/4/2010).

Menurut dia, masalah izin penggunaan kawasan hutan dari kementerian memang menjadi salah satu penghambat kegiatan eksplorasi dan produksi migas. Pasalnya, Kontraktor Kontrak Kerja sama (KKKS) tidak dapat mengebor sumur eksplorasi dan produksi yang baru karena sumur yang akan dibornya tersebut berada di kawasan hutan.

“Misalnya, Pertamina, dia tidak bisa melanjutkan kegiatannya di blok Sangatta, Kalimantan Timur karena sumur yang akan dibornya masuk dalam kawasan taman nasional kutai. Setelah dua tahun dibicarakan dengan pihak Kehutanan. Baru pada bulan Januari mereka dapat izin pinjam pakai lahan,” kata dia.

Selain Pertamina, Ia menyebutkan, saat ini ada 22 surat pengajuan ijin penggunaan kawasan hutan yang masuk ke BP Migas dan sudah disampaikan kepada Kementerian Kehutanan.  Beberapa KKKS  tersebut yaitu PetroChina, ConocoPhilips, PT Kalimantan Kutai Timur Energi, dan Sele Raya.

“Dengan adanya MoU ini diharapkan proses perizinan bisa dipercepat,” ungkapnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.