Thursday, January 19, 2017

Irak Teken Kerja Sama Migas

March 8, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

BAGHDAD – Pemerintah Irak menandatangani kesepakatan pengelolaan lapangan minyak Maysan yang memiliki cadangan 2,5 miliar barel dengan China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) dan Sinocem. Selain itu, Irak memperpanjang nota kesepahaman (MoU) patungan pengembangan gas alam dengan Royal Dutch Shell.

Menteri Perminyakan Irak Hussain al-Shahristani, di Baghdad, Minggu (7/3), menyatakan kerja sama dengan CNOOC dan Sinocem akan ditandatangani beberapa hari mendatang.

“Penandatanganan setelah pemerintah menyetujui fee remunerasi sebesar 2,30 dollar AS untuk setiap barel minyak yang diproduksi,” tuturnya.

Adapun MoU dengan Shell, tambah Al-Shahristani, ditujukan untuk pengembangan hub di wilayah selatan Basra untuk masa enam bulan sejak Maret 2010. “Kami akan melakukan pembicaraan dengan Shell setelah pemilihan umum,” kata Al-Shahristani.

Irak saat ini sedang melakukan finalisasi kerja sama pendanaan dengan sejumlah perusahaan migas seperti South Gas Company, Shell, dan Mitsubishi.

Tujuannya untuk memanfaatkan jumlah gas yang sangat besar yang belakangan ini terbuang akibat terbakar saat terjadi pengeboran minyak. Gas ini akan digunakan untuk pasar domestik maupun ekspor.

Bagi CNOOC, kontrak dengan pemerintah Irak memperkuat bisnisnya di luar China.

Selain di Irak, CNOOC tengah ikut tender pengelolaan migas di Uganda. Saat ini, CNOOC dan Tullow Oil sedang menjajaki kemungkinan melakukan eksplorasi bersama di ladang minyak bagian timur Uganda.

Koran Jakarta
minyak_irak

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.