Saturday, October 21, 2017

Investor Minati Seluruh Wilayah Kerja Migas Joint Study

April 11, 2010 by  
Filed under BBM

Tercatat dari 11 wilayah kerja (WK) migas yang ditawarkan melalui penawaran langsung (joint study) pada putaran II-2009, seluruhnya diminati investor. Hal ini tentu saja memberi secercah harapan bagi pengembangan industri migas nasional.“Ini sangat-sangat memperbesar hati saya. Kalau yang lalu hanya lima WK yang diminati investor, tapi sekarang semuanya (diminati),” kata Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H Legowo, dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, di Jakarta, Sabtu (10/4/2010).

Evita menambahkan, saat ini pihaknya sedang mengevaluasi apakah seluruh investor tersebut memenuhi syarat untuk menjadi pengelola di 11 WK tersebut. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa diumumkan,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, pada putaran I penawaran WK migas 2009, hanya diminati lima investor. Sepinya minat investor tersebut, antara lain disebabkan belum rampungnya pembahasan RPP Cost Recovery dan terbitnya UU No 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup.

Sedangkan pada putaran II-2009, pemerintah menawarkan 23 WK migas, terdiri 11 WK yang ditawarkan melalui penawaran langsung  dan 11 WK ditawarkan melalui tender reguler.

Wilayah kerja yang ditawarkan melalui penawaran langsung adalah Puri, Sakakemang, Sunda Strait I, North Madura, Karapan, Mandala, Long Hubung-Long Bagun, Malunda, Sadang, South Mandar dan South Sageri.

Sedangkan 12 wilayah kerja yang ditawarkan melalui tender reguler adalah South East Andaman, Tarakan I, Tarakan II, Tarakan III, North Masela, West Berau, Cendrawasih I, Cendrawasih II, Cendrawasih III, Cendrawasih IV, Cendrawasih V dan East Aru.

Dari seluruh WK yang ditawarkan itu, baru WK yang ditawarkan melalui penawaran langsung saja yang diketahui hasilnya. Sementara WK yang ditawarkan melalui tender reguler, batas waktu penawaran baru akan berakhir 23 April mendatang.(

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.