Sunday, September 24, 2017

Investor migas minta kepastian usaha di Australia

May 19, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

SYDNEY (Bloomberg): Kelompok industri menilai proposal usaha gas bumi di Queensland Australia yang diperkirakan memakan biaya sebesar A$80 miliar (US$72 miliar) membutuhkan kepastian investasi setelah pemerintah negara itu merencanakan pengenaan pajak hingga 40% dari laba usaha di sektor energi.

Asosiasi Produksi dan Eksplorasi Perminyakan Australia mengatakan usulan kenaikan pajak sebesar 40% terhadap keuntungan hasil sumber daya merupakan sebuah gangguan bagi negara yang memprodukasi LNG (liquefied natural gas).

“Kepastian rancangan jangka panjang perpajakan Australia yang mengharuskan refleksi secara akurat dan adil terhadap besarnya resiko dan modal investasi pengusaha yang terlibat dalam industri ini benar-benar penting bagi sejumlah proyek, ” kata Chief Executive Officer APPEA (association petroleum production and exploration Australian) Belinda Robinson dalam pernyataan melalui e-mail hari ini.

Berkaitan dengan rencana pengenaan pajak, Santos Ltd. dan Origin Energy Ltd telah menyatakan untuk menunda pengembangan usaha LNG dan batu bara di Queensland.

Tidak itu saja, BG Group Plc dan Royal Belanda Shell Plc, yang bergabung dengan PetroChina Co pada Maret lalu untuk mengakuisisi Arrow Energy Ltd juga mengusulkan untuk menunda sebuah proyek di Queensland.

Organisasi ini juga mengatakan industri minyak dan gas bumi Australia memiliki lebih dari A$220 miliar usulan proyek yang dapat memberikan tambahan dana sebesar A$10 miliar per tahun bagi Australia.

Selain itu, lebih dari selusin rencana pengembangan LNG di Australia dilakukan untuk memenuhi peningkatan permintaan energi bersih di kawasan Asia.

Bila proyek LNG Australia maju pesat, tambah pernyataan APPEA, negara ini dapat menjadi pengekspor terbesar ketiga untuk jenis bahan bakar tersebut. Sementara itu Qatar, Malaysia, Indonesia dan Aljazair saat ini berada dalam jajaran negara pengekspor LNG terbesar di dunia.

Dalam rangka investasi, Santos sebenarnya telah menyetujui melakukan kerja sama dengan Gladstone tahun ini. Perusahaan minyak itu berencana mulai mengirimkan LNG untuk pertama kali pada 2014.

Santos berencana mulai melakukan pengiriman LNG pertama dari proyek Queensland pada 2014. Namun, analis Royal Bank Skotland Jason Mabee memprediksikan Santos baru dapat memulai usahanya pada 2015 karena ketidakpastian atas sistem pajak ini.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.